Berburu Tiket Pesawat Murah? Ini 10 Tips Yang Bisa Dicoba


*Disclaimer: Untuk saat saat sekarang industri aviasi mungkin sedang tahap pemulihan, tips berikut ini mungkin akan berlaku jika pandemi usai dan dunia pariwisata mulai benar-benar kembali sehat lagi. Also disclaimer, this is not a sponsored post

Sebagai backpacker, saya menyadari bahwa berburu tiket murah adalah tips utama untuk bisa traveling hemat tapi maksimal . Tidak bisa dipungkiri, tiket pesawat ini memang masuk pengeluaran yang bikin pengeluaran ngetrip cukup besar selain akomodasi. 

Beberapa waktu lalu, ada nanya ke saya perihal hunting tiket promo. “Mas, ke Turki PP bisa dapet 4 jutaan, gimana  caranya ya mas? kok bisa murah banget tiketnya. “Itu seriusan ke Filipina PP cuman 800-ribu, mas? Bagi tips cara dapat tiket pesawat murah dong”. 

Nah, lewat postingan ini, saya mau mencoba berbagi tips ke teman-teman bagaimana cara berburu tiket pesawat murah dari pengalaman pribadi. Yang saya bagikan disini mungkin lebih cocok untuk trip ke luar negeri karena sebagaimana kita tahu maskapai dengan destinasi dalam negeri masih cukup jarang ada promo. 

Meski postingan serupa sudah banyak disana, tapi enggak apa-apa ya, disini kita saling berbagi. 

Baca juga: Pengalaman Jalan-jalan ke Penang, Malaysia

Jadi, standar tiket murah itu berapa sih? Mengutip ulasan dari Mbak Ade, salah satu travel blogger senior Indonesia, tiket murah adalah tiket dengan harga tertinggi yang sanggup kita beli.

Nah, mengingat sekarang sudah jamannya serba online dan terjadwal, sepertinya jenis tiket promo ini tepat untuk kamu tipe traveler yang:
  • Paham menggunakan cara memesan tiket pesawat lewat aplikasi atau lewat internet.
  • Fleksibel dengan metode pembayaran baik cash maupun kredit.
  • Fleksibel dengan waktu liburan, fleksibel destinasinya (punya jatah cuti, dsb)
  • Nggak masalah kalau waktu keberangkatannya cukup lama dari tanggal issue, (misalnya 3 atau 6 bulan setelah membeli tiket)


Berburu tiket pesawat murah, harus booking di hari dan jam tertentu, benarkah?

Pernah mendengar tips berburu tiket promo itu harus browsing lewat mode ignito, harus booking di hari dan jam tertentu? Nah, sampai sekarang saya belum tahu itu faktanya bagaimana. Pernah mencoba juga dan ternyata nggak ngaruh dan harganya masih tetap.

Menurut travel blogger expert, Nomadic Matt, trik macam itu hanyalah mitos dan sudah nggak berlaku lagi karena algoritma penentuan harga oleh maskapai sudah ditentukan otomatis oleh komputer. Dimana pertimbangannya berdasarkan demand, cuaca, dan waktu. Misalnya, apakah di musim high season atau low season, festival dan juga mempertimbangkan harga yang dipasang maskapai kompetitornya.

Dari pengalaman pribadi dan cerita-cerita teman, memang tiket promo itu bahkan bisa ada kapan saja tanpa diduga-duga sih. 

Sembari menunggu pandemi reda dan kita sudah benar-benar bisa nyaman untuk jalan-jalan atau mana tahu akan ada promo mendadak (meskipun unlikely), langsung saja yuk simak tips berikut.

1. Follow akun katalog promosi di sosial media



Memang terkesan obvious, tapi saya pikir sosial media memang gudangnya informasi cepat, termasuk dalam memberi info terkait promo tiket murah.

Yang beberapa kali saya pantau sih akunnya twitter Pemburu Tiket Murah @pmburutiketmurah). Adminnya orang Malaysia dan kebanyakan memang promo yang mulai dari bandara Kuala Lumpur.

Kalau lagi musim promo, wih, tweet nya menggoda banget. Apalagi biasanya para follower yang baru saja issue tiket saling posting bookingan mereka dan di retweet, jadi saya sebagai pengikut kadang ingin mencoba keberuntungan juga. Saya pernah nyontek juga rutenya dan dapat!

2. Cek promo di situs travel agent online


Tidak bisa dipungkiri, kedua unicorn seperti Traveloka dan Tiket.com ini sangat membantu saya kalau mau jalan-jalan, khususnya berburu tiket promo dan nyari penginapan sesuai budget. Minimal kita join member mereka dan install aplikasinya.

Pengalaman saya beberapa waktu lalu mendapatkan harga diskon ke Turki 4 jutaan juga krena promosi dari unicorn ini. Dari tab tersebut, terpampang kode gratis yang bisa dimasukkan sebelum melakukan pembayaran. Saya dapat potongan 2,7 juta!! Linknya promosi biasanya ada di  sini. 

pengalaman dapat tiket murah ke Turki kemarin dari Traveloka

Banyak juga promosi yang bekerjasama dengan bank, baik CC ataupun tukar poin. Kita memang perlu membiasakan untuk membaca ketentuannya dengan seksama.

Nah, kalau satunya lagi, Tiket.com sudah punya tagline dengan promosi tahunannya yaitu Tiket gledek. Ini yang biasanya promosi yang ditunggu-tunggu. Pengalaman di tahun 2018, saya pernah dapat tiket Gledek untuk rute Jakarta - Tokyo dengan maskapai JAL 3 jutaan PP (meskipun gagal berangkat).

Dan ini biasanya seasonal sih. Biasanya sekitar kuartal awal tahun promonya. Kalau nanti sudah ada iklannya, pantengin saja promonya ya!


3. Terbang dengan maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC)


Kalau ingin jalan-jalan hemat, maskapai Low Cost Carrier bisa menjadi pilihan kamu. Sejauh ini, dari pengalaman saya yang gila-gilaan dan rajin memberi kursi promo memang AirAsia. Kalau bicara jelajah Asia, maskapai ini menjadi andalannya budget traveler deh. 

Hampir berkali-kali saya menemukan harga bagus Jakarta-KL cuman 150 ribu. Dulu juga pernah saya terbang dari Semarang-Singapura cuman 350ribuan.       

Maskapai LCC lainnya antara lain: JetStar, Scoot, Cebu Pacific, Jeju, Malindo Air dll. Dengan berlangganan newsletter juga, itu juga menguntungkan semisal ada update promo. Jangan lupa, gunakan juga aplikasi pembanding harga seperti SkyScanner untuk mendapatkan destinasi impian kamu.

4. Tukeran info dengan sahabat travel mates

Kebanyakan info penawaran yang dapat sih memang dari travel mates saya. Kadang japri secara personal. Walau kadang berujung rencana karena biasanya jadwalnya berbeda-beda, tapi setidaknya kita dapat infonya. Kamu bisa bergabung dengan grup WA/facebook khusus jalan-jalan, dan disitulah kita bisa mendapatkan update tentang info penawaran.

5. Mengikuti Update dan postingan  Travel Blogger

Teman-teman disini masih suka follow akun travel blogger nggak sih? Kalau saya terkadang  sesekali cek travel blogger favorit , kadang-kadang mereka berbagi info tentang info promosi lewat postingan blog, feed atau IG story. Karena saya pikir hal-hal semacam ini sejalur dengan niche mereka, yaitu travel.  Walau masih jarang sih. 

6. Bergabung dengan grup komunitas jalan-jalan


Grup jalan-jalan di facebook yang terkadang saya ikuti adalah grup Backpacker International. Di grup ini, biasanya para member saling berbagi informasi dan pengalaman traveling juga.  Apalagi sekarang sudah ada fitur pencarian, ketik saja kata 'promo' di pencarian, biasanya muncul kiriman teman-teman yang berbagi info juga. Yang saya kadang heran, info di komunitas grup seperti ini bisa lebih update.

7. Pilih waktu penerbangan yang tepat

Tanggal keberangkatan juga berpengaruh sekali dengan harga. Kalau mau lebih murah bisa booking untuk keberangkatan jauh hari.  Pilihlah di saat low season. Low season di masing-masing destinasi tentunya berbeda ya. Nah, inilah perlunya kita riset-riset dan googling.

Dari pengalaman,  bisa memilih bulan ke 3 atau ke 4 dari tanggal issue tiket. Bila promo berlangsung bulan Maret, langsung saja cari tab keberangkatan bulan Juni dan seterusnya. Memang cukup lama sih menunggunya, tapi percayalah, dengan durasi keberangkatan yang cukup lama, ini artinya kita bisa persiapan riset lebih matang. Dan penantian itu sungguh worth it. 

8. Membeli  tiket secara terpisah, sebaiknya tidak rombongan

Ini juga pengalaman nih. Waktu itu ada maskapaiyang saya incar sedang gemparnya promo ke Korea PP 1,5 jutaan, karena mau beli sama teman, saya info dulu dan berencana issue rombongan, malah harganya jadi berubah. 

Nah, kalau memang endingnya jadi berangkat sendiri, tetap harus berani ya. solo traveling juga seru kok. 


9. Utak-utik rute, direct flight biasanya lebih tinggi

Kalau ingin mendapat tiket murah, cobalah untuk tidak selalu memilih rute direct flight dari Jakarta. Bisa cari promo lewat Kuala Lumpur atau Singapura. 

Pernah pengalaman waktu saya terbang ke India beberapa waktu lalu, kalau ngambil direct flight dari Jakarta - Jaipur akan mahal banget, maka yang saya lakukan adalah dengan terbang ke Kuala Lumpur dulu, baru saya ambil penerbangan dari KL-Jaipur.

10. Siapkan dan amankan kursimu


Karena tiket promo juga ada kuotanya, kamu perlu mempersiapkan hal-hal utama seperti: Teliti dengan jadwal keberangkatan, Internet yang stabil, sabar dan jangan panik kalau tiba-tiba pembayaran error. 

Jangan kelamaan mikir kalau sudah menemukan harga dan jadwal yang cocok, kelamaan nunggu teman malah keburu sold out. hehe.




Nah, kurang lebih itulah 10 hal yang biasa saya lakukan untuk hunting tiket pesawat murah. Kalau kalian gimana? Apa yang biasa kamu lakukan untuk berburu tiket murah? Jika ada tambahan, silakan beri tips lainnya di kolom komentar ya.

Ngomong-ngomong, sampai sekarang saya malah belum pernah ngrasain dapat diskon dengan tukar poin/miles lho. Jadi murni dari memesan tiket sebagaimana biasa. Yang saya lakukan adalah bermain di rute dan jadwal keberangkatan saja kalau sesekali dapat voucher gratis. Yang baru pertama kali mau mencoba berburu tiket promo, saya yakin kamu juga punya kesempatan yang sama.

Semoga untuk beberapa waktu kedepan jika pandemi reda, border sudah kembali dibuka, atau mana tahu ada promo, artikel ini bisa sedikit berguna ya.  Thanks for reading!

16 comments

  1. untuk traveling yang jauh-jauh semacam ke Eropa perlu bgt nih tiket promo.. Tapi masalahnya kalau untuk saya adalah, ketika tiket sudah di tangan, berikutnya adalah apakah dikasih cuti atau nggak.. karena kalau ke Eropa targetnya bisa jalan satu bulan full supaya dapat banyak tempat sekaligus sekali jalan, sedangkan untuk dapat cuti besar nggak semudah itu, tiap lima tahun dan atas ijin atasan ahaha..

    Tapi kalau traveling semacam negara Asean aja sih kayanya gak perlu2 amat ya? Masih mayan murah juga sih, apalagi kalau ke KL atau SG.. Contohnya tahun lalu saya dpt tiket ke KL 600k PP, ya walau batal sih karena paspor blm jadi, duit udah keburu melayang :D ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas. Untuk destinasi jauh seperti eropa jebol banget di kantong kalau tanpa promo. Wah ini dia. Saya bisa memahami ini sih, mas. Agak sayang ya kalau jauh-jauh ke yurop tapi hanya sebentaran. Sayang tiketnya.

      Sepakat, mas bara. menurutku traveling ke asean itu sangat budget friendly dan sepertinya bisa dilakukan siapa pun. Kayanya nggak nunggu promo pun pasti dapet lah harga murah hehe.

      Delete
  2. Saya juga sering ikutan promotrip kalau lagi hunting tiket, mas 🤣 tapi saya nggak pernah beli tiket jauh-jauh hari yang sampai setahun sebelumnya. Mungkin kalau sejauh itu bakal dapat murah sekali, ya? 😍

    Saya biasa terlama beli tiket itu 2 bulan sebelum keberangkatan karena selalu harus lihat dan urus schedule dulu agar nggak bentrok dengan kerja 🙈 makanya diskon yang didapat juga secimit-secimit saja 😂 syedih hahahahahahaha.

    Terima kasih for the tips, mas Rifan 😆🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ni mbak. pengalaman saya ke turki ini juga terbilang lama sih,, issue bulan maret kalau gasalah, berangkat Oktober. wkwk lama banget kan ya.tapi memang murah sekali. Dan terkadang memang harga bagusnya dibulan tersebut karena low season. Karena pertama kali traveling antar benua sendiri pertama kali, itu dulu juga tepat sembari ngumpulin mental haha.

      Wah, 2 bulan ideal ini sekali sihh.
      sama2 mbak meno. 🙏

      Delete
  3. Skyscanner dan AirAsia adalah koentji! Dibanding Scoot kok kayanya lebih nyaman naik AirAsia (sejauh ini sih).

    Dalam hal kesempatan mendapatkan tiket murah ini, kita emang harus iri sama malaysia yang negaranya berhasil menjadikan KL sebagai salah satu hub transportasi udara utama di Asia. Efeknya, banyak banget maskapai yang memulai penerbangan internasional dari sana dengan tujuan kota-kota besar seluruh dunia. Ujung-ujungnya harga tiket dari KL ke kota-kota tadi jadi relatif cukup terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I could't agree more, mas. Penolong kantong bagi backpacker macam saya.

      Setuju. Banget, mas. Kadang sedikit envy sama mereka. Sudah dibuatin base LCC nya, paspornya juga kuat, kayanya traveling kemana-mana bagi orang malaysia itu bisa gampang banget sih. haha.

      Delete
  4. Oh, harus rajin cek sosmed akun air Asia atau Traveloka kali ya bang biar dapat promo tiket pesawat yang murah. Cara lainnya bisa tanya sama teman blogger barang kali ada yang tahu promo tiket murah.

    Kalo saya malah berburunya kadang promo domain, barang kali ada yang jual domain dot com 50 ribu dari harga normal 150 ribu.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas agus..
      Siapp mas saya mau kalau ada haha. Niagahoster lagi ga ada promo ya

      Delete
  5. Kok bisya sih dapat promo potongan dua juta di unicorn OTA ituuuuh, mesti tanggalnya bukan tanggal libur nasional ya. Saya susah banget dapet harga promo karena selalu pergi pas lebaran dan natal yang cutinya bisa gabung sama tanggal merah, jadi kadang ya pasrah sama harga tiketnya, dan hemat-hemat di biaya jalan-jalannya.

    Tapi tips berangkat gak dari Jakarta, tapi coba cari yang terbang dari KL atau Bangkok itu benar adanya sih Rifan. Dua ibu kota itu kayaknya banyak dilewatin pesawat ya, jadi bisa lebih murah. Teman saya yang tinggal di KL pun merasa bersyukur banget, mereka beli tiket KL - Roma itu 3,5juta PP per orang, kan dahsyat ya! Jauh lebih murah ketimbang saya dari Jakarta - Labuan Bajo wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Justin, iya mbak lagi hoki saja waktu itu. Saya waktu itu asal ngambil tanggalnya yang penting dapat murah. :D

      Bener banget, mba Justin. KL sangat membantu traveler sbg bandara base nya. Wah, udah privilese itu mah kalau udah di KL kemana2 enak, ke asean apalagi. mantapp bgt tuh 3jutaan keliling yurop..

      Delete
  6. paling sering kupakai poin no 2.. grecep bgt kl promo dr agent travel, xixi
    sayangnya aku blm berani ambil planing beli tiket pesawat jauh2 hari mas, karena seringnya batal. ada aja yg nggak bisa ditinggalin, seringnya malah meriang duluan sblm bepergian. dasar emg ya

    ReplyDelete
  7. sumpah aku lagi mau ke russia ini bingung mending gimana ini hahahahahahahaha mbelum dapat tiket promo kek mana ya ampun. smeoga tahun depan kita bisa travel free yahh :( sad pisan

    ReplyDelete
  8. Semakin lama makin banyak tips-tips tiket promo murah, saya dulu sih masih bisa pesan sampai 6 bulan sebelumnya jadi murmer, kalau sekarang skedulnya seperti puzzle hahaha...
    Thanks for sharing ya mas. Berguna sekali bagi yang membutuhkan seperti saya...

    ReplyDelete
  9. Duuuuh tiket gledek itu aku blm pernah bisa dapeeeet hahahahah. Tp temenku pernah. Kan sebeeel :D. Aku sering kok terapin juga cara2 di atas mas Rifan. Apalagi sebelum pandemi ini aku termasuk rutin travelingny. Skr sih aku udh ga kerja yaaa, jd kalo seandainya pandemi berakhir dan mau traveling lg, aku udh ga keiket Ama waktu. Kapan aja hayuuuuk. Tp pas msih kerja, aku wajib book segala macem kdg Ampe setahun sebelumnya :D. Soalnya di kantor dulu semua jdwal cuti hrs jauh2 hari diksh supaya bisa diprepare siapa yg kan menggantikan selama kita cuti.

    Setelah pandemi berakhir, aku pasti pake cara2 di atas LG. Slama ini paling srg dpt berkat info2 di komunitas blogger di FB. Krn aku ga suka pake Twitter jd memang ga andelin info dr sana. Di IG juga aku prnh dpt promo dari @secrettickethunter .

    Intinya sih hrs sabar dan mau repot saling ngebandingin semua OTA dan website maskapai kalo mau dpt tiket murah :D

    ReplyDelete
  10. Waktu kuliah dulu, andalan saya dan kawan-kawan itu AirAsia, Mas. Biasanya kita pesan tiket mudik setahun sebelum lebaran. Hahahaha...

    Era OTA sekarang, potongan-potongan harga tak terduga jadi banyak. Untuk piknik dalam negeri, yang paling saya suka itu paket tiket pesawat+penginapan yang kalau ditotal selisihnya sama beli ketengan lumayan. :D

    ReplyDelete
  11. baca ini auto keinget tiket DPS-Manila PP yang angus hiks
    tapi tak apa namanya pandemi ya mau gimana lagi

    direct flight emang bener mas lebih murah
    cuma klo ke Filipin adanya cuma dari DPS dan CGK yg murah
    yg lain harus transit2 dulu huhu

    tapi yg pasti rajin pantengin sosmen dan newsletter dari maskapai ya
    kadang promo tak terduga di waktu tertentu

    ReplyDelete

Silakan beri pendapatmu tentang tulisan ini, dan bagikan pengalamanmu di komentar ya! Terima Kasih