7 Rekomendasi Situs Untuk Beli Buku Import Secara Online


Apakah kamu senang membaca atau belajar lewat buku-buku berbahasa Inggris? Sedang mencari referensi situs dan toko online terpercaya yang menjual buku import original dengan harga terjangkau? Welcome to my post!

Berhubung kegiatan favorit selama pandemi ini salah satunya adalah membaca dan berburu buku (bahasa inggris), saya jadi tergerak untuk sharing pengalaman bookish life di blog. Lama juga euy nggak posting pengalaman kegiatan membaca di blog ini semenjak mengulas Great Expectations. 

Beberapa waktu lalu, di Twitter, saya mendapati pertanyaan perihal dimana beli buku-buku bahasa Inggris (buku impor), jadi muncullah ide artikel ini. Memang, rasanya ada yang kurang ketika buku idaman tidak tersedia di toko lokal. Atau ketika buku-buku yang ingin kita baca belum diterjemahkan. Tak usah khawatir. Beruntungnya, di era serba digital ini beli buku apa saja bisa dapat kita lakukan pakai jari. 

Nah, lewat postingan ini saya mau berbagi ke teman-teman 7 rekomendasi website terpercaya yang menjual buku import original. Ada yang situs lokal dan internasional. 

Disclaimer. This is not a sponsored post. Daftar berikut ini berdasarkan pengalaman saya pribadi yang beberapa kali mencoba membeli disana. Dan juga mencoba demo transaksinya (alias berujung di keranjang, dan ngga jadi beli hehe). Dan ulasan berikut ini juga murni jujur dari kacamata saya sebagai pembaca yang akhir-akhir ini hobi jajan buku. Hehe.

Langsung saja, berikut ini daftar 7 rekomendasi toko buku import online yang bisa kamu coba:

1. Periplus.com


Periplus ini bisa dibilang situs yang familiar ya di kalangan penikmat buku-buku berbahasa Inggris. Mereka buka toko fisiknya di beberapa kota besar di Jawa dan Bali. Punya tagline yang menarik, Easy, secure, no hidden cost. 

Harga yang tertulis di website adalah harga asli tanpa ada tambahan pajak. Tertulis di bookmailnya yang super rapih dan aman, dengan tulisan “Discover More Than 21 Million Titles”

Kelebihan Periplus:
  • Lengkap. Tersedia lebih dari 21 juta judul buku.
  • Banyak diskon dan cukup sering ngadain diskonan. Untuk mencari deals, bisa cek tag “Crazy price” atau di laman bargain books. Kalau momen-momen tertentu, bisa gila banget diskonnya. Saya pernah dapat The Circle nya Dave Eggers Mass Paper Back cuma 30 ribu saja dari harga aslinya 130 ribu. Awas kalap!
  • Free Ongkir wilayah Jabodetabek untuk pembelian minimal 200 ribu. 
  • Pengiriman lebih cepat. Untuk buku yang ready di Jawa, bisa datang lebih cepat antara 3-5 hari nyampe (business days) standar kurir Indonesia. Plus ada resi pengiriman.
  • Tampilan websitenya klasik banget. Ringan. Malah kadang tampak seperti situs perpustakaan.
  • Pembayaran mudah, banyak opsinya. Bisa lewat transfer bank lokal, Kartu kredit.
  • Bookmail nya bagus. Packagingnya rapih, kuat dan aman. Saya suka.

Kekurangan Periplus:
  • Terkadang, beberapa buku yang didapat berbeda dari sampul yang tertera di website.
  • Untuk yang tinggal diluar jabodetabek, minimal belanja 500 ribu dulu baru bisa dapat Free Ongkir.
  • Ada buku yang sampulnya enggak termuat di webnya. Kalau kita sebagai pembeli enggak tahu gambaran sampulnya, macam mana tuh? :/
  • Fitur pencarian buku lumayan membingungkan. Harus tepat menulis judulnya. Banyak edisi, jadi perlu effort karena harus scrolling ke bawah atau klik halaman selanjutnya.
Saya sendiri mencoba dua kali beli di periplus. Pertama buku yang dikirim dari gudang UK, nyampe sekitar 3 minggu. Dan yang kedua, buku yang ready dari Jakarta, nyampe sekitar 4 hari standar kurir Indonesia. 

Periplus ini, cocok untuk kamu yang butuh bukunya cepat. Dan dari pengalaman saya, overall sangat menyenangkan dan suatu saat masih ingin beli lagi disana.

2. Books & Beyond



Books & Beyond ini juga ada toko fisiknya di kota-kota tertentu. Saya pribadi baru mencobanya lewat online di marketplace lokal. B&B ini punya kelebihan:
  • Lebih cepat nyampe. Standar pengiriman kurir lokal.
  • Pembayaran mudah, lengkap.
  • Menjual ebook juga.
  • Harga terbilang standar.
Kekurangan:
  • Bazar hanya tersedia di toko offlinenya. Hanya ada di beberapa kota besar. Jarang ada diskonan. Beberapa judul tidak lebih lengkap dari Periplus.


3. Book Depository



Free Delivery Worldwide! itu yang menarik perhatian saya ketika membuka situs Book Depository. Tidak bisa dipungkiri, bahwa buku-buku yang dikirim langsung dari luar negeri memang seringnya berat di ongkir. 

Saya belum lama ini mencoba order buku di Bookdepo, dan menurut saya kelebihannya:
  • Gratis ongkos kirim ke seluruh dunia. 
  • Buku-bukunya komplit. Super lengkap dan banyak edisi.
  • Tampilan websitenya enak, katalognya menarik. Mirip-mirip kayak Amazon
  • Kalau lagi ngadain SALES, bisa gede banget. Saya pernah dapat harga buku Penguin Classics yang di toko sebelah dijual 300 ribuan disana bisa 80 ribu an. (karena lagi diskon).
  • Packagingnya bagus. Bahkan dikasih bookmark.
  • Customer service nya sangat responsive.
Kekurangan Bookdepository: 
  • Lama sampainya. Kalau lagi beruntung bisa kurang dari sebulan, kalau lagi apes bisa kadang 3 bulan. Ada cerita buyer yang paketannya nyangkut di kantor pos huhu. Wajib sabar kalau ini ya.
  • Nyampenya satu-satu. Paket dikirim per buku. Jadi ya kalau kamu pesan 3 buku, bakal dapat 3 paketan yang dikirim dan sampai dalam rentang waktu yang tidak bersamaan.
  • Buyer nggak dapat nomor resi nya jadi kita nggak bisa melacak keberadaan bukunya sudah sampai mana.
  • Kadang, buku yang dispatch tidak sesuai dengan yang tertera. Misal, pernah pengalaman di website tertera dispatch from UK within 3 days, tapi bisa kadang 4 atau 7 hari baru dapat email notifikasi dispatch.
  • Cuma bisa bayar lewat kartu kredit & paypal. 
Book depo ini lebih cocok untuk kamu yang butuh bukunya santai, dan nggak buru-buru. 


Betterworldbooks ini juga situs terpercaya yang menjual buku import original. Lebih cocok untuk berburu buku preloved/used book. Disini kamu bisa mendapatkan buku-buku bekas dengan kualitas yang masih sangat-sangat oke kondisinya. Selain murah, juga gratis ongkir!

Kelebihan:
  • Gratis ongkir seluruh dunia
  • Katalog lengkap
  • Setiap buku yang kita beli, kita membantu sumbangsih ke dunia literasi dan pendidikan
  • Keterangan dan kondisi buku jelas.
  • Ada diskon dan kupon voucher. Saya pernah coba waktu itu dapat potongan 20% kalau beli buku 4. Atau dalam jumlah transaksi minimal $25.
Kekurangan: Sama kayak Bookdepo, lama sampainya. Bisa sampai sebulan tergantung kurir pos. Pembayaran hanya bisa pakai kartu kredit, atau paypal.


5. Big Bad Wolf (BBW)


Kalau Big Bad Wolf ini bukan web, bazar diskon buku impor lebih tepatnya. Salah satu event bazar buku favorit yang saya tunggu-tunggu. Sudah terkenal di beberapa negara di Asia tenggara. Belakangan ini, mereka membuka penjualan secara online dan merangkul Tokopedia sebagai partner resminya. Ada di bulan-bulan tertentu dan memang harganya miring-miring banget! Saya sudah 3x beli buku secara online disini. Dan memang memuaskan.

Kelebihan:
  • Yang pasti lebih murah dari toko-toko lain. Diskon buku-buku internasional dari 60%-80%. Saya dulu dapat hardcovernya The Remains of the Day nya Kazuo Ishiguro seharga 80 ribuan saja dari 220 ribu.
  • Mudah pembayarannya karena berkolaborasi dengan marketplace indonesia, jadi bisa dapat free ongkir.
  • Diskon untuk bank tertentu.
  • Packaging nya aman, dan menarik.
Kekurangan:
Berhubung ini bazaar, koleksi buku terbitan baru jarang tersedia. Dan hanya buka di bulan-bulan tertentu. Hanya beberapa hari. Dari pengalaman biasanya diadakan 3 bulan sekali. Layak untuk dinantikan sih.

6. Opentrolley


Alternatif lain untuk belanja buku impor online lainnya adalah OpenTrolley.com. Cukup banyak kawan-kawan bookish yang merekomendasikannya. Opentrolley ini awal mula based di Singapura sejak tahun 2008. Saya sendiri baru strolling dan belum pernah beli disini. 

Kelebihan: Dari informasi webnya, semua buku dikirim dari Jakarta, jadi lebih cepat sampainya. Standar kurir indonesia. Katalog lengkap. Meski tidak selengkap periplus. Pembayarannya lengkap mudah dan support bank lokal dan GoPay.

Kekurangannya: hmm.. menurut saya, beberapa harga di opentrolley agak mahal. Mereka ngadain potongan sih per 3 hari dalam seminggu, tapi diskonnya kayak gimmick gitu. hehe.

7. Thriftbooks, Abebooks


Cocok untuk kamu yang ingin beli buku-buku bekas dan langka. Memang murah, sayang kedua web ini ongkirnya mahal-mahal hehe. Pernah iseng mau cekout  yang harga per used book nya mulai $ 3 saja, tapi ongkir ke Indonesia bisa kena $30 sendiri! Ya wis ngga jadi. hehehe. Kecuali kalau kamu tinggal di USA, bisa dapat free shipping. Kalau memang situs ini mengakomodasi kebutuhan kamu, nggak ada salahnya coba kan?

Rekomendasi lainnya adalah Kinokinuya Bookstore, tapi berubung saya belum pernah beli disana dan kurang begitu pengalaman jadi belum bisa memberikan review. Kino ini kayaknya lebih familiar outletnya ya di mall-mall Jakarta.

Sekian dulu, kawan-kawan. Itulah 7 situs rekomendasi untuk kamu yang ingin beli buku-buku berbahasa Inggris dengan harga miring. Pernah mencoba beli buku di salah satu situs diatas? Situs favorit kalian mana? Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat!

5 comments

  1. Cukup banyak juga ternyata webnya sekarang kalau ingin cari buku bahasa inggris. Dari dulu taunya cuma periplus aja. terima kasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling rekomen juga BBW dan Bookdeposit, mas. sama-sama, mas. semoga membantu ya

      Delete
  2. Saya hanya pernah pakai Periplus dan BBW saja mas meski yang BBW lebih sering untuk beli buku anak-anak hahahaha. Lumayan harganya miring, bisa disimpan as a gift untuk keponakan 😂

    Book & Beyond pernah lihat beberapa kali, Kinokinuya juga (ini saya pernah beli langsung ke tokonya), dan cukup banyak pilihan yang diberikan 😍 Well, sampai saat ini, untuk buku bahasa Inggris, hati saya masih di Periplus sepertinya 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periplus dan BBW memang terbaik ya mbak. wahh paling sering juga saya disitu. Boxnya periplus apalagi, favorit sekali... rapih, kuat dan keren. kayak bungkus pizza..


      Books dan beyond baru sekali saya, dulu beli bukunya Murakami. sayang sih, tinggal di kota kecil jadi cuman bisa beli lewat online hehe..

      Delete
  3. belum pernah coba beli buku impor via online, palingan beli buku di gramedia aja.
    pilihannya lebih banyak online ya kayaknya

    ReplyDelete

Silakan beri pendapatmu tentang tulisan ini, dan bagikan pengalamanmu di komentar ya! Terima Kasih