6 Keunggulan Berwisata Medis ke Penang Malaysia




Jika dahulu berwisata ke luar negeri identik dengan sekedar jalan-jalan mengunjungi tempat wisata, mencicipi kuliner atau menikmati pemandangan alam, saat ini bepergian ke luar negeri memiliki tujuan yang lebih khusus, salah satunya adalah berwisata medis/medical tourism.

Apa itu wisata medis/medical tourism? wisata medis adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk tujuan mendapatkan perawatan kesehatan baik general check up, treatment, maupun rehabilitasi.

Istilah populernya, berobat sembari jalan-jalan. Wah, terdengar menyenangkan bukan? 

Selain untuk destinasi liburan, Malaysia memang sudah dari dulu menjadi salah satu destinasi terpopuler berkelas dunia untuk berwisata medis. Ada banyak kota di Malaysia yang menjadi destinasi wisata medis, salah satunya adalah Penang, yang tahun lalu saya sambangi.

Selain terkenal mural-muralnya yang mendunia, Penang di Malaysia merupakan salah satu destinasi wisata medis yang sering dikunjungi pasien Indonesia.

Banyak review yang bilang perawatan medis di sana murah dan manjur, sehingga banyak yang rela jauh-jauh untuk antri dari subuh demi mendapatkan dokter terbaiknya.

Ternyata, tidak melulu harus dalam keadaan sakit, kamu yang sehat-sehat saja pun juga bisa medical check up. 



Meskipun saat ini pariwisata Malaysia belum dibuka untuk wisatawan asing termasuk Indonesia, kabar baiknya, wisata medis di sana sudah mulai beroperasi kembali dengan berbagai ketentuan yang ketat yang diberlakukan oleh pemerintah Malaysia. 

Berikut ini adalah 6 keunggulan mengapa Penang bisa menjadi alternatif teman-teman untuk berwisata medis:

1. Biaya pengobatan yang lebih terjangkau
Berwisata medis di Penang ternyata lebih menghemat biaya. Dilansir dari iMoney, pasien internasional yang datang ke Penang bisa menghemat biaya yang lebih murah 65% hingga 80%.

Belum lagi, untuk pasien dari Indonesia, bisa diuntungkan dengan nilai tukar ringgit dengan rupiah juga masih terjangkau (1 RM= 3,442). Bahkan, untuk fasilitas dan pelayaran yang sama, bisa setengah harga dari yang dikeluarkan saat dirawat di rumah sakit di Indonesia. Juga lebih murah dari perawatan medis ke Singapura.

2. Kemudahan Berkomunikasi
Berhubung masih satu rumpun yaitu melayu, para pasien tentu tidak akan kesulitan dalam berkomunikasi karena masih bisa sama-sama memahami Bahasa Indonesia. 

3. Fasilitas yang lengkap dan tenaga ahli khusus yang profesional
Meskipun biaya wisata medis di Malaysia mungkin lebih murah, rumah sakit di sini masih menggunakan teknologi mutakhir dan fasilitas tercanggih.

4. Proses Imigrasi yang mudah, tidak memerlukan visa
Berbeda dari saat kita jalan-jalan ke negara yang mungkin membutuhkan persyaratan tambahan berupa visa medis, bagi kita pemegang paspor garuda, berwisata medis ke Malaysia menjadi lebih mudah. Sebagaimana yang kita ketahui, pemegang paspor garuda bebas visa selama 90 hari. 

5. Banyak tempat wisata menarik dikunjungi


Di Penang banyak sekali wisata seru yang bisa dikunjungi. Mulai dari berburu mural, memanjakan lidah dengan kulineran yang tentunya cocok dengan lidah indonesia, bisa mampir tempat tempat wisata indoor, ataupun berkunjung ke alam, aktivitas ini tentu bisa membuat keperluan wisata medis menjadi lebih menyenangkan.

Ohya, Saya sudah menuliskan pengalaman saya saat jelajah 3 hari ke Penang. Ah, kota kecil ini memang bikin siapapun rindu untuk kembali.

6. Kemudahan akses, jarak yang lebih dekat
Alasan lain ke Penang untuk tujuan wisata medis tentu saja karena dekat dengan Indonesia, masih tetanggaan, jadi berobat ke Penang terbilang sangat aksesibel. Cukup banyak maskapai yang terbang langsung yang kesana.

Terlebih lagi harga tiket pesawat ke Malaysia juga terbilang sangat terjangkau.

Jika kamu kebetulan berasal dari Medan, wah, pasti lebih diuntungkan karena untuk menuju ke Penang bisa ditempuh dalam waktu 40 menit saja lewat udara. 

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)



Sudah tahu Malaysia Healthcare? MHTC adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh Kementrian Kesehatan Malaysia yang bertugas sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia.

Di saat pandemi seperti ini, MHTC berperan penting dalam memberikan informasi terkait prosedur wisata medis yang harus dijalankan oleh calon pasien. Dengan Malaysia Healthcare, calon pasien yang hendak ke Malaysia bisa konsultasi seputar informasi medikal di Malaysia baik yang berlokasi di Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Sabah, Sarawak, dll.

MHTC ini memang sudah dipercaya bertanggung jawab untuk mengelola perjalanan wisata kesehatan negara, yang berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia dan memiliki perwakilan di beberapa negara seperti Indonesia, China, Myanmar, Vietnam.

Daftar anggota rumah sakit yang menjadi bagian dari MHTC ialah: Penang Adventist, Gleneagles Penang, Loh Guan Lye Specialist Centre, Mahkota Medical Centre, Sunway Medical Centre, Alpha Fertility Centre, Institut Jantung Negara, Pantai Hospital Group, Prince Court Medical Centre dan lain sebagainya.

Tidak hanya konsultasi gratis lewat telepon, atau chat, MHTC juga siap membantu pasien untuk dibuatkan itinerarynya, termasuk memberi masukan rumah sakit mana yang cocok dengan keluhan dan budget mereka.

Fasilitas lainnya adalah penjemputan pasien di saat gate kedatangan di bandara, dan menyiapkan antrian khusus.

Yang terakhir, MHTC juga menyediakan concierge dan lounge nyaman di Kuala Lumpur International Airport dan Penang International Airport yang dapat dikunjungi pasien sebelum menuju Rumah sakit atau hotel tujuan.

MALAYSIA HEALTHCARE YOUTUBE VIDEO COMPETITION 2020


Ada kabar baik buat kamu yang rindu banget traveling ke Malaysia, atau ingin wisata medis ke Malaysia, bisa ikutan YouTube video competition yang langsung diadakan oleh Malaysia Healthcare, bekerjasama dengan turisme Malaysia.

Konsepnya sangat sederhana kok, kamu tinggal ceritakan saja dan promosikan wisata di Malaysia dalam bentuk Video ataupun Vlogging, dan kemudian di upload ke Youtube serta media sosial kamu.

Dalam video, kamu diwajibkan memberikan penjelasan tentang PARIWISATA dan juga WISATA MEDIS di Malaysia.

Hadiahnya mantap banget. Bisa jalan-jalan gratis, menginap di hotel bintang 5 dari Berjaya Hotel Resorts, dan dapat fasilitas medical check up gratis pula. Daripada koleksi videonya disimpan galeri saja dan memakan penyimpanan, mending diikutkan lomba dengan unggah di YouTube kan?

Syarat Lomba:
  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia maupun Malaysia
  2. Konten tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan) kampanye politik, serta pesan negatif dan menyerang kelompok tertentu
  3. Konten boleh berbentuk VIDEO ataupun VLOGGING (video harus disertai dengan penjelasan)
  4. Konten wajib berbahasa Indonesia
  5. Durasi video 2-3 menit
  6. Konten harus menggabungkan 2 tema (PARIWISATA MALAYSIA & WISATA MEDIS)


PARIWISATA Malaysia
Contoh : wisata Kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kota dll)

WISATA MEDIS
Pengalaman melakukan perawatan di Malaysia, tips atau cara berobat di Malaysia (Jika pernah melakukan perawatan di Malaysia)

Funfact Malaysia Healthcare
(Contoh : 5 alasan berobat di Malaysia, fasilitas, teknologi, harga terjangkau, bahasa dan budaya yang hampir sama, layanan informasi dari Malaysia Healthcare, dll)

Bagaimana syarat dan ketentuan untuk ikutan lombanya?
  1. Peserta WAJIB follow akun Instagram @medtourismmy.id dan akun Instagram peserta tidak di private
  2. Video WAJIB di upload ke akun YouTube peserta, kemudian share video di akun Instagram (feed/IG TV) dan tag serta mention @medtourismmy.id
  3. Tulis Judul video di akun YouTube & Instagram peserta dan gunakan hashtag #Liburansehat #RinduMalaysia
  4. Contoh : 5 Fakta Malaysia dan Medical Checkup di Penang #Liburansehat #RinduMalaysia
  5. Ajak teman/followers kamu untuk like video yang kamu unggah di Youtube & Instagram
  6. Semua video yang masuk menjadi milik panitia
  7. Keputusan dewan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat

Dicatat ya, deadline lombanya sampai 10 Desember! Kapan lagi kan bisa jalan-jalan ke Malaysia dan dapat medical check up gratis, dapat hadiah lagi. Ayo segera tunjukkan karya terbaikmu!

Untuk mengetahui info lebih lanjut, bisa klik https://medicaltourismmalaysia.id/ dan http://malaysiahealthcare.org/ atau follow IG @medtourismmy.id.

3 comments

  1. Penang ini emang udah sejak dulu banget terkenal ama fasilitas kesehatannya.
    Katanya di sana peralatannya lebih lengkap, lebih canggih dan lebih terpercaya.

    ReplyDelete
  2. betul sekali, Penang identik dengan pengobatannya yang manjur. harga juga murah
    ternyata nggak hanya untuk tujuan check kesehatan aja, wisata kulinernya juga oke oke. wisatanya apalagi.
    plusss transportasinya gampang. dan orang-orangnya baik
    ini yang bikin aku kangen kesana lagi

    ReplyDelete
  3. bagus juga yaa kalau diliat... mantap

    ReplyDelete

Silakan beri pendapatmu tentang tulisan ini, dan bagikan pengalamanmu di komentar ya! Terima Kasih