3 Rekomendasi Tempat Beli Buku Preloved Online Ori dan Terjangkau


Hi, selamat datang lagi di blog saya. Akhirnya, senang bisa posting kembali. Teman-teman, punya hobi membaca buku? Sedang ingin mencari rekomendasi toko buku yang menjual buku bekas/preloved/used? Kalau iya, welcome to my post.

Membeli buku preloved  ini sebenarnya bukan hal yang baru bagi pecinta buku. Berhubung sekarang eranya digital, jadi enggak kaya dulu yang mungkin menghabiskan waktu keliling bookstore untuk hunting buku yang kita cari. Sekarang tinggal search di marketplace, buku apa saja hampir pasti ada.

Nah, berhubung akhir-akhir ini saya cukup aktif jadi pembaca buku, dan lumayan sering beli buku bekas, disini saya mau sharing pengalaman saya hunting buku-buku bekas / used original dengan kondisi yang masih bagus, secara online dan aman.


Mengapa Buku Preloved?

Source: bookriot.com

Hemat
Selain beli buku-buku baru, saya cukup sering beli buku preloved. Sebenarnya alasannya macam-macam. Kalau saya pribadi salah satu alasan utamanya adalah untuk menghemat haha. Kebetulan buku-buku yang saya incar kebanyakan buku-buku import, dan sebagaimana kita maklumi, harganya kebanyakan lumayan pricey.

Dengan beli buku preloved, saya kadang bisa menghemat hingga 40%-60% dari harga aslinya.

Koleksi pribadi, Barang langka

Buku War and Peace sampul Napoleon, rare edition

Alasan kedua, saya senang mengoleksi judul atau buku terbitan tertentu yang langka dan jarang terbit lagi. Atau misalnya sudah duluan kepincut sama sampul tertentu yang engga ada di pasaran. Wah, kalau kebetulan sudah ngefans sama penulisnya, barangnya mung-mungan, mungkin bagi beberapa pecinta buku tidak akan berpikir lagi karena tahu value dari buku tersebut. 


Bahkan tak jarang, ada beberapa orang/seller yang jual harganya mahal banget saking antiknya.

Misalnya, koleksi yang saya sukai adalah novel klasik terbitan Penguin Classics. Di toko online lokal yang ready stock lumayan langka, harus pre order hingga sebulanan. harganya juga lumayan wkwk. Makanya kalau pas kebetulan ada seorang user yang pasang preloved, harganya pas banget, dan sampulnya suka, saya terkadang langsung nyamber karena ini adalah barang yang sedang saya koleksi. Hehe.

Dan kebetulan harganya sungguh sangat sangat terjangkau dan pas di kantong, bahkan tak jarang kondisinya masih sangat mulus seperti baru.

Ramah Lingkungan

Source: forafinancial.com
Alasan lain yang rupanya kalah penting, ramah lingkungan. Ya dengan memberi buku bekas, saya percaya bahwa secara nggak langsung kita sudah berupaya go green dengan membaca satu buku dari sejuta kopi yang sudah terbit, yang sudah ada, yang sudah tercetak, barang sudah dipakai sebelumnya.

Ohya, satu lagi, karena saya penggemar novel-novel klasik, kadang atmosfer klasiknya jadi semakin terasa kalau edisi yang saya baca itu edisi pertama atau sudah menguning gitu.

Sama ada hal lain lagi, you never know who owned the book before you. Jadi kayak seru aja gitu terkadang dapat notes-notes dari pemilik sebelumnya. :D

Nah, setelah kemarin saya membagikan list rekomendasi situs beli buku import secara online, kali ini saya mau berbagi 5 situs yang (cukup familiar) yang bisa teman-teman gunakan membeli buku preloved/used secara online. Ini berlaku untuk semua kategori dan jenis buku ya. Baik buku lokal mau pun import. 

Beli Buku Preloved di Carousell


Carousell ini ibarat sosial medianya orang yang ingin menjual atau membeli barang preloved. Katalognya macam-macam, dari fashion, barang-barang elektronik hingga perlengkapan tulis.

Berhubung yang mengupload kadang memang akun personal dan kita harus ngechat usernya untuk nego atau tanya-tanya. Disini kita bisa cek reputasi usernya dari reviewnya. Dan transaksinya juga lebih personal, misal lewat pesan pribadi dan diluar platform. Usahakan selalu hati-hati dan jeli ya guys agar terhindar dari scam.

Saya pribadi cukup sering hunting buku preloved disini. Perihal preloved, saya pikir buku adalah barang yang minim risiko dan lebih gampang lah dibanding elektronik atau barang pecah belah lainnya, jadi nggak keberatan meski transaksi lewat chat. Lagian juga nilai buku kan barang yang saya pikir  affordable.

Kategorinya lumayan lengkap, tapi setiap kategori kadang enggak begitu banyak yang nge list. Nah, kalau saya sih sejauh ini baru buku yang saya incar karena kadang personal akun yang dimiliki bisa karena mau pindahan, decluttering, atau murni penjual. Ya pinter-pinternya kita memilih dan melihat ulasannya saja sih.

Gimana caranya biar dapat update terbaru/yang tersedia? Kalau misal kamu mencari bukunya agak random, atau ingin lihat-lihat bisa pakai fitur filter “Recent” untuk mendapatkan yang paling terbaru. Kalau misal sudah punya judul spesifik tinggal cari dan ketik saja di kolom pencarian seperti biasa. Cuman memang enggak selamanya tersedia. Lagi-lagi, kadang untung-untungan. Tergantung jodoh pokoknya. Hehe.


Tips beli barang di carousell:
  • Meetup lebih baik (khususnya barang elektronik_.
  • Kalau jaraknya kejauhan, minta keterangan foto yang jelas, keterangan barang defect, dsb. bila perlu kirim video dsb.
  • Negolah yang wajar
  • Terkadang saya juga bertanya apakah punya akun marketplace apa engga untuk transaksi di marketplace semacam shopee atau tokopedia.
  • Cek reputasi akun lewat rating.
  • Kalau kalian ragu apakah nomornya amanah apa enggak, bisa cek di situs ini https://www.kredibel.co.id/


Beli buku preloved di Sosial Media (Instagram, Twitter)


buku-buku import yang pernah saya dapatkan dari Instagram, dari owner yang mau pindahan.

Sosmed juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin membeli atau menjual buku bekas. Nah kalau yang ini saya memang agak picky ya. Saya selalu pilih-pilih akun dan lihat katalognya dulu. Yang kadang saya ceki-ceki sih Instagram karena disana bisa pakai filter tagar. Terus milih “Recent Post” jadi bisa menemukan barang yang baru saja diiklankan.

Cuma kadang kekurangannya jadi random dan nggak bisa nyari sesuai dengan wishlist buku yang sudah lama kita idamkan. haha.

Beberapa tagar di Instagram yang saya gunakan untuk berburu buku preloved: #NovelImport #bukuimport #jualbukuimport #novelpreloved #bukupreloved #bukubekas #novelpreloved dsb.

Rekomendasi akun IG yang jual buku import preloved  sudah terpercaya yang pernah saya coba:

@books.arimbi
@dahara.id
@bakwanbooks
@bookpaperie
@bacabuku
@bobookish_store (Actually owned by me!) :D
@covertocover_id
@bbyblueshark



Kalau di facebook itu sebenarnya ada beberapa grup jual beli buku bekas, cuman saya pribadi karena lama enggak pakai facebook jadi belum bisa banyak ngasih tahu. Entah kenapa grup yang saya ikuti waktu itu katalognya nggak sesuai selera dan kadang males aja gitu. Sepertinya memang karena enggak tertarik saja karena lama enggak facebookan. Hehe. 

Kalau di Twitter sebenarnya ada akun @literarybase. Kadang ada juga sender yang ngejual buku-buku preloved di akun @racunlitbase. Cukup ramai akun yang satu ini. Lagi ya teman-teman, selalu kroscek kredibilitas seller dengan meminta link marketplace. Saya tahu teman-teman sudah ter edukasi dalam hal beli beli barang online.

Beli Buku Preloved di Marketplace (Shopee, Tokopedia dll)

Beli buku preloved di market place kayak Shopee tokopedia gampang dan relatif paling aman. Karena ada fitur pencarian dan rekening bersama. Saya kalau beli buku disini memang langsung ketik judul yang memang saya ingin beli, dan kadang nemu yang pasang preloved, walaupun untung-untungan. Utamakan untuk tanya kondisi biar sesuai ekspektasi.

Nah, pas nih, terakhiran sekalian promosi lapak sendiri hehe. Kalian sedang mencari buku import preloved maupun baru dengan harga terjangkau? boleh nih guys datang ke Bobookish_store. Ada buku import, sastra dan terjemahan mulai 40 ribuan! Barangkali ada wishlist kalian juga disana. Dicek ya, guys! :D

Itu dulu yang bisa saya bagikan. Listing diatas adalah cara saya pribadi ya, kalau kalian punya tips dan pengalaman membeli buku preloved, boleh sekali bisa bagikan di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat!

1 comment

Silakan beri pendapatmu tentang tulisan ini, dan bagikan pengalamanmu di komentar ya! Terima Kasih