5 Tips Memulai Channel YouTube Untuk Pemula di Tahun 2021


YouTube akhir-akhir ini memang sudah menjadi daily site yang menjadi sumber hiburan dan edukasi netizen di internet. Kita semua sudah tahu kalau semua konten niche ada semua di sana. Lebih dari sekitar 5 Miliar video ditonton para usernya hampir setiap hari. Dan tentu saja YouTube menjadi tempat para creators untuk unjuk karya mereka.

Semakin kesini semakin banyak orang tertarik menjadi content creator di YouTube. Motivasinya macam-macam, ada yang karena monetisasinya, karena ingin unjuk kreatifitas, ada juga yang tak kalah esensial yaitu untuk tujuan pemasaran.

Nah, apapun motivasi kamu, menjadi creator di YouTube bisa menjadi peluang untuk kamu yang berniat berbagi pengetahuan dan edukasi, atau pun unjuk karya di era digital ini.

Meskipun saat ini persaingan semakin ketat karena artis-artis hingga stasiun TV pun banyak yang bikin channel, jangan patah semangat. Karena kamu memiliki daya tarik sendiri dan personality yang tak orang lain miliki. 2021 baru mulai? Enggak masalah kalau kamu memang ingin mengikuti passion kamu. Hajar aja. Dan buat karyamu.

Nah, untuk kamu yang barangkali tertarik atau sudah memulai merintis channel di YouTube, berikut ini 5 Tips yang bisa disimak:

1. Tentukan niche yang sesuai minat dan bidang kamu
Sebelum membuat channel, kamu harus tahu niche apa yang kira-kira kamu suka dan kuasai. Yang menjadi personality kamu, dan mulailah dari hal yang kamu expert banget.

Dengan memahami target siapa penonton kamu, memahami materi yang ingin kamu sampaikan, akan semakin membuat karya kamu otentik dan original.

2. Bingung Ide dari mana? Mulai pecahkan masalah
Sebenarnya ide ini bisa datang dari mana saja. Bisa dari pertanyaan teman kamu, bisa dari unek-unek kamu dan pengalaman unik yang kamu rasakan. Kamu misalnya jago masak, bisa sharing resepnya. Kamu misal jago banget perihal ternak ikan, ya buat konten edukasi tentang tips merawat ikan dan lain-lain. Bisa eksplor sendiri kategori niche, yang semakin spesifik, semakin tertarget. 

3. Jangan hanya fokus untuk nyari view atau pun subscribers, fokus ke kualitas konten
Beberapa kesalahan YouTuber pemula, biasanya terlalu ambisius mengejar view dan subscribers. Memang tidak salah, cuma kadang kurang tepat kalau kualitas kontennya masih kurang.

Bahkan ada yang sampai menggunakan cara-cara atau aplikasi memperbanyak view atau subscribers. Padahal, mendatangkan viewers dan subscribers organik tergantung bagaimana kualitas video dan kontennya itu sendiri.

4. Pahami cara kerja SEO
Menjadi viral itu memang gak bisa diprediksi. Dan salah satu hal yang bisa kamu siasati adalah dengan riset keywords apa yang kira-kira topik dan judul yang banyak orang cari.

Tinggal tap di kolom pencarian dan menggunakan suggestion. Atau sekarang banyak kok aplikasi keyword finder baik yang gratis maupun premium.

5. Upload konsisten
Kesuksesan di Youtube ini enggak terjadi dalam semalaman. Bahkan bisa berbulan-bulan, hingga setahun, dua tahun tiga tahun atau lebih. Kayak maraton, bukan lari sprint.

Dan tergantung dengan bagaimana kamu mengemas konten kamu. Dan saya pikir, semakin lama, pasti cara kita membuat video akan semakin baik. Dan nikmatilah proses itu. Insha allah viewers dan subscribers yang bisa menilai untuk akan datang lagi dan nonton terus video kamu.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba. Semua berdasarkan dari pengalaman saya 4 tahun terakhir membuat dan mengelola channel youtube. 

Kelas Content creator YouTube di Skill Academy


Kamu tertarik belajar YouTube? Pas banget nih, kebetulan Skill Academy sedang membuka kelas langkah menjadi YouTuber Profesional. Kamu akan diajari ngonten bareng salah satu YouTuber ternama yaitu Gita Savitri Devi! Salah seorang content creator dengan 800 ribu subscribers. 


Kelas ini cocok untuk kamu yang mau membuat konten video di YouTube. Bakal dikasih tahu gimana sih monetisasi, gimana sih cara membuat video yang berkualitas, dan mengatur engagement dan memahami algoritma dan tren YouTube. Kalau tertarik, langsung saja cek webnya yah.

Sampai disini dulu sharingnya teman-teman. Semoga artikel ini bermanfaat!