Cara Praktis dan Gratis Nge-Blog Lewat Ponsel


Karena setiap kali ngetrip jarang banget bawa laptop, akhirnya kepikiran untuk nginstal aplikasi blog untuk smartphone agar tetap mengisi kegiatan tambahan yaitu menulis cerita di kala perjalanan. Kalo solo travelling dan lagi di kereta misalnya, atau nungguin bus, saya terkadang hanya mengobati kejenuhan dengan baca e-book, video callan sama famili atau mendengarkan lagu. Kalo lagi moodnya baik, kepikiran dong buat nulis juga!

Kayaknya seru juga nulis-nulis sembari rebahan atau sembari ngapain. Karena ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja, bukan? Ponsel sekarang canggih-canggih untuk dijadikan sebagai rekan kerja. Kenapa nggak manfaatin? Hehe.

Aplikasi Blogger Manager untuk Android
Buat kamu pengguna Android dan ingin update tulisan di blog, sepertinya nggak usah bingung lagi karena di Playstore sudah tersedia aplikasi blogger manager yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi bawaan dari Blogger juga ada, Tumblr, Wordpress, Writer dan lainnya-lainnya tinggal unduh. 

Caranya, kalau bisa sih sudah bikin blog lewat desktop dulu kalau baru memulai, baru dapat dikelola lewat ponsel untuk seterusnya. Tinggal sign in pake akun Google, pilih website mana yang ingin dipos, isi tulisan dan unggah gambar, post, jadi deh. Secara tidak langsung kamu sudah menjadi instant blogger yang praktis. Karena postingannya menggunakan keypad ponsel, harus terbiasa ya menulis dengan tidak disingkat-singkat. Hehe. 

Aplikasi Blogger Manager Untuk iOS
Karena saya pengguna iOS, sementara Blogger adalah produknya Google, aplikasi bawaan Blogger sendiri ngga bisa ditemukan di Appstore. Mungkin beda cerita kalau platform yang saya gunakan untuk mengelola blog ini lewat Wordpress, pasti available untuk diunduh secara gratis. Karena ngga ada, Alhasil, saya harus mencari aplikasi ketiga.

Nama aplikasinya adalah Blogg for Blogger bikinan orang Rusia. Blog manager untuk iPhone buat kamu blogger iOS. 

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1bBfvRj3k4F65OURsgGDB3hza8h8Xqewy



Jika Andoid user bisa mengundur aplikasi bawaan secara gratis, saya harus bayar buat mengunduh aplikasi ini senilai Rp.45.000. Review saya? Sejauh ini sih simpel. Cuman kadang ada beberapa fitur yang missing misal kalai mau nggedein gambar. Harus menulis di page aplikasi dan kalau copas pasti output fontnya jadi berbeda dan morak-marik. Formatnya cukup responsif dan lengkap sih untuk komposisi blog yang kompleks dan banyak coding. Saya sepertinya harus utak-atik HTML biar default fontnya lebih jos. 

Untuk kebutuhan cepat dan mobile, sepertinya nggak ada salahnya mencoba dan praktis juga.  

Saya perlu penyesuaian nih. Kali saja bisa jadi habit yang baik. Saya jadi teringat waktu dulu ngeblog di wordpress halaman satunya. Bermodal ponsel nokia 5200, saya melayangkan ratusan catatan! Sekarang lagi ingin mendongkrak lagi menulis lewat ponse, yang kalian baca ini, misalnya.


Bismillah, nemu aplikasi produktifitas baru. semoga istiqomah ya ngelola blog ini. Kalian gimana, guys. Di ponsel kalian ada catetan apa saja? Pernah nggak nulis catatan lewat ponsel? Share ya di komentar.


Thanks for reading!

Tidak ada komentar

Silakan beri pendapatmu tentang tulisan ini, dan bagikan pengalamanmu di komentar ya! Terima Kasih