Menjelajahi Malang & Lumajang Dalam 6 Hari 5 Malam (Itinerary & Budget)

Kepingan Surga itu bernama Bromo
Kereta Majapahit yang kami tumpangi berhenti di stasiun Malang pukul 10 pagi, setelah bertolak dari Pekalongan pukul 23.00. Meski saya tipe orang yang cukup susah tidur di perjalanan, saya cukup lega akhirnya bisa merem beberapa saat di kereta.

11 Jam tentunya bukan waktu yang singkat. Buat yang belum terbiasa naik kereta jarak jauh, jelas pegel boyoknya. Meski demikian, saya yang menyukai perjalanan dengan naik kereta ini, rasa-rasanya berjam-be durasinya tak jadi soal. Apalagi pas pagi-pagi dan kedapatan momen sunrise di saat kereta bergerak. Memandangi matahari terbit dari kaca jendela yang bercahaya diatas hijaunya hamparan persawahan memiliki kesan tersendiri bagi saya.


Baca juga : Tips Jalan-jalan Hemat ke Nusa Penida 



Saya dan adik sama-sama belum pernah ke kota Malang. Kebetulan bucketlist dan jadwal kami cocok. Adik saya sedang libur kuliah. Seperti saya, adik juga sudah lama ingin sekali menikmati sunrise di Bromo.

Malang, dan hal-hal yang bikin rindu
Pesona Gunung Bromo
Gunung Bromo dan apel kerap muncul di benak saya begitu mendengar kota Malang. Alhamdulillah akhirnya bucketlist ini kesampaian. Bagi saya, Bromo adalah kepingan surga di pulau Jawa. Dan keindahan alam berkelas dunia ini tentu tidak bercanda.

Jika 5 hari ditulis dalam satu postingan tentunya bakal panjang sekali. Oleh karena itu saya menulis sorotannya saja yo guys biar singkat. Nanti akan saya tulis versi kepingannya lengkap dengan sentuhan personal per destinasi di postingan berikutnya. Insha allah 

Kalau punya waktu 5 Hari, aktifitas dan destinasi seru apa saja sih yang bisa dikunjungi di Malang? berikut pengalaman kami waktu ngetrip Juni tahun kemarin. Ya walau itinnya kurang lengkap-lengkap banget barangkali bisa menjadi referensi liburan kalian. :D


Day 1 : Kulineran di Sentra Kuliner Sriwijaya dan City Tour

Kuliner Sriwijaya, dekat stasiun
Usai 10 Jam mendekam di kereta, kami berniat untuk memanjakan perut. Keluar stasiun, jalan sekian langkah kami mampir ke foodcourt kuliner Sriwijaya. Letaknya berseberangan dengan stasiun Kota Malang tinggal ngesot. Harganya masih standar bagi pelancong dan menu-menu lokalnya. Ohya, disini 24 jam bukanya. Bisa ngopi-ngopi, icip-icip rawon, pecel dan bakso tentunya.

Seperti biasa, untuk mengenali corak dan ruh suatu kota yang baru dikunjungi, kami menyambangi alun-alun. Alun-alun dan taman kota Malang ini rupanya asri juga. Balai di simpangnya juga bersih.

Kampung Warna Jodipan dan Kampung Biru Arema

Kampung warna-warni Jodipan, kota Malang

Kampung Biru Arema, Jodipan, Malang
Destinasi satu ini sudah dikenal dimana-mana dan setidaknya kalian pernah mengenalnya dari sosial media. Dulunya perkampungan kumuh dan digagas oleh pelajar lokal menjadi destinasi kota. Sebuah transformasi yang memiliki dampak besar tentunya. Menuju ke kampung Jodipan, hanya 5 Menit dari stasiun. Per village HTM nya 3,000. Warganya juga sangat murah senyum.

Day 2 : Berburu Sunrise di Gunung Bromo

Berlibur ke Malang tanpa ke Bromo rasanya kurang lengkap pastinya. Ini agenda paling inti kami tentunya. Kami bergabung open trip untuk jelajah Bromo dengan alasan mempertimbangkan efisiensi waktu, keamanan dan kenyamanan. Dengan harga 250.000 one day tour yang menurut saya sangat fair. Kami dijemput di meeting point di penginapan. Tinggal duduk manis dan diantar lagi balik ke Malang.





Hawa dingin menusuk tulang, beruntung kami dapat momen sunrise yang bagus pada suhu 4 derajat. Di permukaan, tampak selimut berwarna putih yang seperti salju.  Sensasi naik jeep menjadi hightlight yang mengesankan. Harga sekian sudah termasuk diantar ke spot sunrise point, bukit teletubbies dan pasir berbisik hingga usai pukul 10 siang dan diantar balik ke Malang pukul 12. Very fair price, and unforgettable experience!

Selengkapnya: Pengalaman Ikut Open Trip ke Bromo dari Malang

Day 3 : Jelajah pantai-pantai biru di Malang Selatan


Pantai Sendiki, Malang Selatan
Kami mulai menyewa motor di kota dari hari ke-3. Saya baru tau, untuk menikmati pantai di Malang rupanya perlu usaha yang ekstra. Lumayan jauh sekitar 3 jam dari kota kalau mengendarai santai seperti saya.

Ada banyak pantai yang berderet di Pantai selatan, seperti Pantai Goa Cina, Pantai Balekambang, dan yang paling kekinian pantai  Teluk Asmoro. Tapi, yang menjadi favorit kami adalah Pantai Sendiki di daerah desa Tambakrejo. Pelosok, sepi dan sangat tulen. Recomended banget pantai yang satu ini. Selengkapnya pantai-pantai di Malang, insha allah di postingan selanjutnya yo guys.

Baca juga : Jelajah Pantai Eksotis di Puerto Galera, Filipina

Day 4 : Explore Coban Sewu di Lumajang, Air terjun Terbesar di Jawa

Tumpak Sewu, dari bawah
Tumpak Sewu, view dari atas
Kalau ke Malang, jangan lupa mampir kesini. Nama Air terjun Tumpak Sewu akhir-akhir ini sedang mencuri perhatian banyak wisatawan dunia. Termasuk kami. Kami masih kesana dengan sepeda motor usai jelajah Malang Selatan. Kami menginap di daerah Kepanjen, dan masih ditempuh dengan jarak sekitar 90 menit ke Coban Sewu. Kalau dari kota Malang bisa sekitar 1,5 jam. Memang jauh, tapi kami rela jabanin demi melihat pesona air terjun terbesar se Jawa ini. Untuk trekking ke bawah memang cukup terjal dan menantang, butuh waktu sekitar 40 menit untuk turun, biar basah kuyup, semua lelah terbayar pastinya. Jangan salah kostum ya kalau kesini dan harus hati-hati.

Day 5 : Kota Batu, Coban Rondo, Batu Night Specta


Labirin coban Rondo, Batu, Malang

Kami nongkrong di taman kota yang terdapat ferris wheel dan jajan kuliner disana. Sudah banyak opsi wisata sih kalau sudah di kota Batu. Kami nongkrong di taman rakyat, yang terdapat tugu apelnya. Kulineran. Lalu berkunjung ke labirin Coban Rondo, nonton “Toy Story 4” dan malamnya lanjut naik beberapa wahana di BNS sebelum balik ke Malang kota.

Batu Night Specta, berwahana itu seru juga


Day 6 : Sayonara

Taman kota Batu
Hari terakhir ini kami check out, beli keripik apel untuk orang tua, balikin motor. Sayonara, Malang. Sampai ketemu lagi, until next time!

Berapa kira-kira budget untuk liburan semi-backpaker ala kami? 

Berikut gambaran budget yang kami keluarkan selama 6 Hari 5 Malam

Studio Living UM @2 malam                 330.000
Bromo tour @2 pax                                 500.000
KA Majapahit PK-Malang PP@2 pax  1.040.000
LG homestay @1 malam .                       150.000
JONAS homestay @2 malam                  314.000
Sewa motor 3 hari                                    250.000


Budget diatas adalah untuk dua orang. Untuk makan masih standar bisa 60 ribu bisa berdua. Dan HTM wisata diantara 10 ribuan dan parkir. Saya pikir pengeluaran 6D5N diatas terbilang masih standar. Mengingat tiket KAI dari Pekalongan-Malang dengan KAI Majapahit seharga 520.000 PP sendiri/orang. Karena pesan dadakan juga hehe. Kalau opsi hemat bisa pakai KA Matarmaja yang tiketnya seharga 300.000 PP.

Selain di tiket kereta, budget yang besar ada di bromo tour 250.000/pax. Jika ingin menghemat bisa sewa jeep tentunya dengan menawar dulu di Tumpang. Tapi tentu perlu masa yang banyak dahulu setidaknya 6 orang. Kalau jalan sendiri atau berdua ke Bromo, saya pikir nebeng open trip adalah pilihan yang oke dan worth every penny tentunya.

Dengan budget sekian, pengalaman yang kami rasakan sangat worth it dan berkesan. Bisa dibilang ALL OUT dan puas banget karena kami berhasil mencoret bucketlist bisa menyambangi landmark dan kekayaan alamnya Malang.



Malang tentu bukan tentang Bromo saja, rasa-rasanya kota ini tidak membosankan untuk dijelajahi. Kota wisata, gunung-gunung agungnya, taman rakyat, indoor park, coban, dan pantai-pantai di Malang rasanya punya pesonanya semua. Yang gemar berwisata alam, saya pikir rumahnya Arema ini tetap seru untuk disambangi lebih dari sekali.

Itin versi kami diatas sebenanya random saja karena kami riset hanya secukupnya. Meskipun jarak dari satu destianasi ke yang lainnya lumayan jauh, sangat terbayar dengan keindahan alamnya. Tapi overral sangat seru dan list diatas wajib sekali kalau berwisata ke Malang.

Jadi, kapan nih ke Malang? Sekian dulu ya sharing perjalanan dari saya. Terima Kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat!

(Tanggal berkunjung : 19 Juni -24 Juni 2019 || Foto by dokumentasi pribadi penulis)

31 komentar

  1. noted bangeeet, tahun ini ada rencana ke Malang tp blm ngelist destinasi selain Bromo, ugh bisa buat referensi nih, btw penasaran sm air terjunnya mas.. traking jauh nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trekiing sekitar 30 menit kebawah.. setapak.. tapi ada beberapa tangga yang rusak..kayaknya skrg udah mulai dipugar. harus ekstra hati2..

      Hapus
    2. Siap, semoga kesampaian ke sana

      Hapus
  2. Bromo emang gak boleh banget dilewatkan. Ditambah dengan hadirnya COban Sewu bakalan membuat liburan jadi makin seru.

    Salam hangat dari kami Ibadah Mimpi

    BalasHapus
  3. Duh mupeeengggg!
    Saya pengen banget loh liburan yang menjelajah kayak gini, bawa perlengkapan yang banyak buat beberapa hari.

    Menjelajah lebih detail di semua daerah-daerah yang ada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak rey,, eksplor memang lebih mantapp...

      Hapus
  4. Wih keren itin nya Mas. Dari dulu pengen ke bromo juga, belum kesampaian. Setelah liat tulisan ini, ternyata banyak banget yang keren2 dimalang selain bromo. Jadi makin mupeng deh.

    BalasHapus
  5. Sudah lama sekali aku gak ke bromo. Btw, 250ribu untuk one day tour ke sana murah lho. Jadi pengen maen ke sana lagi deh. Semoga ada waktu buat berkunjung lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah dan worth it banget mbak,, Amiinn

      Hapus
  6. kangen banget sama rasa rawon di Malang, jadi laperrr :9

    BalasHapus
  7. Kalo dengar nama Malang. Pikiranku malah dibawa arus kearah horror. Biasa lah kebanyakan baca postingan kaskus cerita seram di univ Malang. Ga nyambung banget kan.

    Sampai saat ini destinasi fav ku masih Bandung. Entah karna belum kesampaian ya. Baca postingan ini aku makin yakin kalo aku ga harus mengunjingi bandung aja. Tapi seluruh indonesia ahahahaha!! Doakan yakh.

    Btw makasih sudah memberikan rincian dananya. Bisa nabung deh dari sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah belum dengar itu.. haha. Yang di Banyuwangi lah iya yang sempat viral wk

      Bandung is nice city too.. Alamnya juarak. Malang tak boleh terlewatkan..

      Hapus
  8. Aku pengen ke Malang tapi nyusuri lautnya. Lama pengen ke sana, tapi belum juga terealisasikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak jauh memang, mas. Tapi mantaaap pantai2nya..

      Hapus
  9. Labirin Coban Rondo kayak di Harry Potter and the Goblet of Fire! Keknya seru juga itu main ke sana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru! Banyak yang tersesat disini terutama emak-emak haha

      Hapus
  10. Sudah lama banget nih nggak ke Malang. Pasti sekarang semakin ramah wisatawan. Saya belum pernah ke air terjunnya tuh. Trekkingnya serem gak? Kayaknya ke sananya nggak bisa musim hujan ya. Coban Sewu ya, namanya, sudah kedengaran serem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat ramah mbak, dan hampir semua ada. Lumayaan... 30 menitan, pakai tangga kecil setapak.. melewati aliran air terjun kecil jg di jalannya..

      iya mbak,, nggak musim hujan juga sampe bawah mesti basah..

      Hapus
  11. Ya ampun, udah lama banget gak ke Malang lagi. Jadi kangen sama suasananya sama main ke Bromo rame-rame.

    BalasHapus
  12. Saya ingin ke Malang lagi, waktu itu hanya bisa mampir ke beberapa tempat saja dan belum puas karena waktu yang sangat singkat :)) salah satu yang paling ingin saya kunjungi adalah kampung warna warni hehehehe ~

    By the way, sunrise di Bromo cantik sekali yaaaa <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga nambah referensi kalo kesana lagi ya mbak.. Iya, kampung jodipan memang cakap;..

      indeed mbakk meno.. Bromo is everything I could ever asked for..

      Hapus
  13. kelas emang bromo ini.. pengen balik lagi ke sana.. dulu ngga dpt momen sunrise, ketutupan kabut huwaaaaa... tapi tetep sih walau ngga dapet view bromo yg legendaris itu, tetep kerasa megahnya..

    next time pgn juga ke tumpak sewu..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bromo tak cukup sekali memang ya...

      Tumpak sewu mantap, mas..rekomendid

      Hapus
  14. Jadi pengen ke Malang, objek wisatanya keren-keren banget.

    BalasHapus
  15. panorama bromo emang gak main-main. Indahnya kebangetan!!! trip yang cukup seru mas dan terima kasih buat rincian biaya dan info lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ya. Semoga bermanfaat.
      Thanks for visiting!

      Hapus
  16. wah asik banget ini mas.. mantappp bisa eksplor jatim hehe

    BalasHapus
  17. gila keren banget. jadi pengen kesana

    BalasHapus

Silakan beri pendapatmu tentang tulisan ini, dan bagikan pengalamanmu di komentar ya! Terima Kasih