Berapa biaya jalan-jalan Backpacker ke Turki?


Blue Mosque, Turki

“Traveling ke Turki mahal nggak sih, fan? Habis berapa kemarin?”
Salah seorang teman bertanya sewaktu bertemu di sebuah acara ngopi-ngopi. Itulah seminggu saat saya pulang melancong tunggal ke Turki. Pertanyaan sama di juga diajukan beberapa teman lewat pesan pribadi di sosial media saya. Akhirnya kepikiranlah saya untuk membuat tulisan di blog ini. Catatan perjalanan memang akan lebih seru jika di bagikan.

Dalam artikel ini saya mau berbagi tentang budget dan sedikit tips backpacker hemat ke Turki. Siapa tahu bisa menjadi referensi teman-teman yang ingin jalan-jalan ke Turki tanpa tour ala backpacker.
So, welcome to my post!

***

Awalnya saya berpikir kalau Turki itu apa-apa serba mahal secara sudah masuk wilayah Eropa, ternyata, kalau tidak dikatakan murah, setidaknya masih terjangkau lho. Ya kita juga harus menyadari bahwa standar mahal atau murah itu relatif, karena setiap orang punya style travelingnya masing-masing. Ada yang minimalis, ada yang hedonis, ada yang luxury travel, ada yang budget travel. Kalau ditanya habis berapa juga pasti jawabannya relatif. Hehe.



Tapi kalau boleh berpendapat, sebagai traveler on budget, saya rasa Turki masih lebih ramah di kantong dibanding Singapura, Jepang atau Korea (dari hasil pengalaman teman meskipun kedua negara terakhir saya sendiri belum pernah kesana). Pada Oktober 2019 lalu, nilai tukar lira terhadap USD sedang lemah di angka 1 TL = Rp2,400 dan berpengaruh sekali dengan pengeluaran saya selama ngetrip. Kurs sekarang pun juga nggak jauh-jauh dari segitu.

Turki adalah salah satu negara yang enak banget buat ngetrip mandiri karena semuanya serba mudah. Mulai dari akses transportasi dalam dan antar kota, serta keramahan dan pesona yang disuguhkan. Budayanya menarik, sejarahnya menarik, kotanya menarik, alamnya splendid.

Suasana di Istiklal street

In short, selama 8 Hari berkunjung ke 3 kota yaitu Istanbul – Cappadocia - Ankara saya menghabiskan kurang lebih 10 juta rupiah ALL IN sudah termasuk tiket pesawat PP, Biaya Visa dan lodging.

Bahkan sudah nyukup buat makan disana, dan udah termasuk biaya transport dari kota tinggal saya ke Jakarta. Menurut saya pribadi pengeluaran tersebut relatif murah mengingat jarak Jakarta-Istanbul memakan waktu kurang lebih 12 jam penerbangan yang biasanya belum dihitung waktu transit. Well, kalo ini sih tergantung maskapainya. Kalau saya kemarin transit dahulu di Muscat karena naik Oman Air.

Detailnya langsung saja yok kita break down!

1. Tiket Pesawat Jakarta – Istanbul


Kalau bicara pengeluaran jalan-jalan antar negara, yang biasanya bikin kantong jebol sih tiket pesawat. Makanya saya memasukkan ini ke list pertama. Gimana dong kalau pingin menghemat? Aktif mencari informasi, jeli dan bersabar hunting tiket promo. 

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Ke Luar Negeri

Harga normal tiket penerbangan dari Jakarta – Istanbul biasanya dibanderol mulai 10-15 juta untuk maskapai full service. Setahu saya sih ke negara-negara lain di Eropa pun segitu umumnya.





Saya sendiri kemarin menyambar harga promo untuk rute Bandara Soekarno Hatta (CGK) – New Istanbul Airport (IST) senilai 4,7 juta PP naik Oman Air yang saya booking lewat Traveloka. 

Maskapai ini sudah full service dengan fasilitas meals on board, bagasi 30 KG dan in flight entertainment. Sejauh ini pakai Oman Air nyaman dan waktu itu saya berdampingan dengan jamaah umroh dari Indonesia.

Tentu saja kalau ingin dapat harga bagus harus booking dari jauh-jauh hari. Pengalaman saya kemarin dapat promo karena traveloka lagi ada diskon jor-joran waktu itu. Saya nggak jadi member dan nggak punya miles dan poin, jadi benar-benar murni dapat dari voucher diskon yang semua user bisa redeem. So, semuanya bisa mendapat kesempatan yang sama. Cuman biasanya sih cepet-cepetan ya guys karena sangat terbatas.

Umumnya kita bisa dapat harga murah kalau pergi di waktu low season (Autumn atau Winter), utak-utik pakai Skyscanner, coba bisa cari-cari keberangkatan dari Singapura atau KL, atau coba ikuti promo sale di situs maskapainya langsung. Pastikan internet kenceng. 

Kalau dapat harga yang sudah kamu harapkan, jadwalnya pas, dan anggaran tersedia, gak usah mikir lama karena kesempatan tidak datang dua kali. Hehe.

Tiket Istanbul – Kayseri/Nevşehir


Ini berlaku kalau kamu memasukkan Cappadocia/Goreme ke dalam bucketlist start dari Istanbul. Jalan-jalan ke Turki tapi enggak berkunjung ke Cappadocia, wah sayang banget nggak sih. Bagi saya, Cappadocia itu WAJIB disambangi karena surga dan splendid banget alamnya.






Cara menuju ke Cappadocia dari Istanbul bisa ditempuh dengan darat atau pun pesawat. Kalau lewat darat bisa nyampe 10-15 jam pakai bus. Kalau waktunya terbatas, bisa naik pesawat domestik yang hanya butuh waktu 1 jam penerbangan. Meskipun saya waktu itu harus kelabakan pindah bandara.

Kemarin saya naik Turkish Airlines melalui rute dari Sabiha Airport (bandara di sisi Asia) menuju Kayseri’s Erkilet Airport (ASR), seharga 130 TL (Rp.330,000). Sesampainya di bandara Kayseri saya langsung minta shuttle dari pihak hostel yang jaraknya sekitar 1 jam ke penginapan di Goreme.


Kalau teman saya waktu itu sih mengambil rute flight dari Istanbul ke Izmir dahulu, sebelum eksplore Selcuk, Pamukkale dan lanjut naik bus ke Göreme. Harga penerbangan domestik ternyata masih relatif terjangkau.


2. Biaya Membuat e-Visa

Turki adalah salah satu negara yang paling nggak ribet untuk urusan visa bagi kita pemegang paspor garuda. Gampang BANGET dan dijamin approve! Tinggal isi saja form di web resminya disini https://www.evisa.gov.tr/en/




Nggak perlu ke kedutaan, nggak perlu submit rekening koran, nggak perlu surat sponsor, isi detail nginep dimana kerja apa dan sebagainya. Disitu kita tinggal isi nama, paspor dan tanggal lahir kemudian bayar via CC. Voila, E-visa langung dikirim lewat surel. Biaya membuat e-visa senilai 25 USD atau sekitar 360 ribu rupiah.

3. Lodging



Normalnya harga hotel untuk kamar single ekonomi dibanderol 400-800 ribu semalam. Makin mahal makin joss fasilitasnya -- itu pasti. Kalau ngetrip berdua enaknya bisa ngambil double room bisa share cost. Lewat Airbnb juga jadi pilihan oke kalau ngetrip ramean.

Karena kemarin trip sendiri, saya memilih hostel selain bisa menghemat dan masak di dapurnya (walau kadang gak banyak masak juga sih), bisa ngobrol sesama traveler lainnya. Ada kesempatan dapat teman baru kalo nginep di hostel.

Di Istanbul, saya menginap di Antique Hostel sultanahmet yang semalamnya 250 ribu, sudah include breakfast juga dan yang paling penting dekat dengan pusat kota. Mantap viewnya. Murah. Hanya 5 menit jalan kaki ke Haghia Sophia.

Di Cappadocia, saya menginap di Dorm Cave by Travellers seharga 125ribu/malam. Disana banyak hostel dengan model cave yang antik. Recommended buat backpacker. Dekat dengan pusat kota, staf nya ramah, bersih, dapat sarapan dan teh gratis pula. Yang paling penting sih nggak bikin kantong jebol. Ya hostel memang standarnya segitu sih.




Kalau ingin join-join paket tour Cappadocia tinggal tanya sama resepsionis. Referensi lain bisa cek-ceki sendiri di situs penyedia reservasi lodging ya. Saya sendiri lebih suka booking.com karena bisa bayar di hari H dan bebas biaya pembatalan. Untuk kenyamanan, wajib mencari lodging yang nilai reviewnya di atas 8 bila perlu 9.

Opsi hemat lagi? Bisa menari koneksi dan host lewat couchsurfing buat cari teman orang lokal, tapi saya sendiri belum pernah berpengalaman untuk yang satu ini karena saya nggak enakan orangnya. Jadi nggak bisa ngasih tips banyak. Mungkin suatu saat kepengin nyoba hehe.

4. Transportasi





Tram T1, uniknya kereta ini melaju berdampingan dengan jalan raya, mobilnya juga lewatan dipinggirnya. Tetap tertib

Transportsi di Turki terbilang canggih dan convenient. Di Istanbul, saya commute pakai transportasi umum agar lebih hemat dengan Istanbulkart, kartu elektronik semacam Singapore Tourist Pass/Ezlink. Saya membelinya lewat mesin cetak otomatis sewaktu landing di bandara IST. Tinggal isi saldo secukupnya. Saya isi 50 TL untuk jaga-jaga di awal sebelum saya gunakan untuk naik bus bandara ke kota. Busnya nyamane poll.

Nama busnya HAVAIST. Ada terus setiap 30 menit sekali dan tarifnya 18 TL atau 45 ribuan dari bandara ke kota. Cari saja jurusan Sultanahmet dan biasanya ini rute paling populer di kalangan turis. Duduk manis sekitar 1 jam, bus akan langsung turun didepan Sultanahmet Square. Dari situ pesona Haghia Sophia dan Blue Mosque langsung menyapa kehadiran kamu. “İstanbul'a hoş geldiniz! Welcome to Istanbul!”



Istanbulkart ini bisa dipakai untuk naik tram, bus, funicular dan feri dalam kota Istanbul saja.

Sekali tap juga nggak mahal, dikenakan tarif 2,5 TL atau 6 ribuan saja untuk naik tram T1. Kalau misal saldonya habis, bisa diisi ulang di stasiun pemberhentian metro di area Sultanahmet atau Emoninu dll. Di ankara ada lagi namanya ankarakart atau beli tiket single trip. Kalau antar kota sih saya naik bus, misalnya sewaktu perjalanan dari Goreme Nesvehir ke Ankara, begitu juga dari Ankara ke Istanbul.


5. Makanan


Keuntungan berkunjung ke negara yang mayoritas muslim, traveler muslim seperti saya mungkin gak perlu ribet untuk urusan makan karena pasti terjamin kehalalalnya. Sebagaimana yang teman-teman tahu, kebab sudah menjadi ciri khas makanan Turki. Saya pernah beli kebab di sebuah street food, rupanya sizenya gede banget, sampai saya habiskan dalam dua kali santapan.

Salad, roti-rotian, tomat dan cai sudah menjadi suguhan sehari-hari. Karena lidah saya yang jowo ini, saya masih belum bisa lepas dari nasi-nasian. Makanya, saya selalu memprioritaskan perut terisi nasi dibanding roti-rotian. Btw, turkish cay nikmat sekali dan bikin ketagihan.

Normalnya sih kalau jajanan streetfood semacam roti simit itu dijual sekitar 4 lira, jagung rebus 3 Lira, dan kebab-kebab disini mulai 8-15 Lira. Itu pun sudah lumayan bikin kenyang. Saya pernah makan menu nasi-nasian dan ayam semur dan di bill sekitar 25-35 TL di sebuah restoran. McD juga di angka sekitar 15-25 TL. Saya pernah makan di sekitaran karakoy nasinya banyak banget, daging dan dapat cay + roti cuman habis 13 TL saja.

6. Lain-lain

Masuk museum atau lain-lainnya juga perlu dipertimbangkan. Urusan internet saya beli kuota dari Indonesia waktu itu saya beli roaming dari t**el paket Umroh 7 Hari 230 ribu untuk 5 GB, cukup buat whatsapp dan map, selebihnya kalau mau posting di media sosial mengandalkan wifi dari lodging.

Termasuk tiket wisata, misalnya tiket masuk ke Haghia Sophia 72 TL, masuk ke Topkapi Palace juga sama 72 TL. Tiket masuk ke Ephesus juga kalau kalian ke Pamukkale. Kalau ingin naik Hot Air balloon di Cappadocia juga ada harganya sendiri, lumayan mahal tapi sepadan dengan pengalaman yang didapatkan yaitu sekitar 2,4 jutaan.



Ada banyak museum di Turki dan tentu saja nggak semua dari kalian tertarik ke museum, kan? Kalau saya sendiri kemarin hanya ke dua museum utama yaitu Haghia Sophia, Basilica Cistern sisanya keliling kota, naik feri ke Prince Island dan public park yang gratis.

Sebagaimana pernah saya singgung dimuka, pada dasarnya pengeluaran traveling itu pasti relatif dari satu yang lainnya. Semua tergantung dengan fasilitas yang dipakai, durasi dan gaya traveling kamu. 

Sekian dulu dari saya. jika ada pertanyaan bisa isi di kolom komentar, guys. Semoga bermanfaat ya buat kamu yang berencana liburan kesana! 

Jangan Lupa baca juga pengalaman perjalanan saya lainnya: 

86 comments

  1. kunci utama hemat jalan2 ke eropa emang tiket promo yah.. tanpa tiket promo, biaya membengkak lumayan euy..

    penasaran kebab gedenya.. saya pecinta kebab dan kalau ke turki nanti yang akan saya hunting pertama kali adalah kebab originalnya haha..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangaat. tiket promo adalah kountji kalo mau trip jauh gini,,

      bwanyaak sekali, mas. yang paling fenomenal Testi Kebab yang disajikan pas di pot kecil berapi,,

      Makasihh sudah mampiir ms Bara... 😆

      Delete
  2. Kalau menyimak biaya di tulisan ini, kayaknya gaya perjalanan kita mirip-mirip ini haha. Aku kayaknya bahkan bisa lebih hemat kalau pake CS buat akomodasinya. Dulu pas mata uang sana jeblok aku sempat kepikiran buat "ngeborong" buahaha. Dikomporin temen-temen, tapi berhubung jalannya ntah kapan belum jelas, ya wes gak jadi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, mas! Saya harus belajar banyak nih sama mas Yayan buat belajar CS an haha.

      Delete
  3. Sumpah kaget, Sama banget!!!!!!!!!!! aku juga nginep di Dorm Cave dong astagaaaaaa:( cuman aku ga ke Ankara. Aku ke Pamukkale. wkwk terus aku pake mobil sewaan, enggak pake pesawat ke Cappadocia. wkwkwk astagaaa kaget, asik seru ya turki itu ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Saya malah nggak ke Pamukkale. Kalo dikasih kesempatan kunjungan kedua ingin bisa kesana juga.. SERU sekali. Thanks for stopping by!

      Delete
  4. Serius cuma abis 10jutaan?
    Kata temen2 gue minimal 30jutaan...
    Pengen bgt keturkiii..
    Kalo 10juta masih kejangkau, tapu 30juta kan lumayan yaaa 😭

    ReplyDelete
  5. Mau tanya dong, adakah syarat minimal saldo rek untuk dapet e-visa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya sih nggak ada, kak. cuman isi form.

      Delete
  6. Boleh gak sih dijabarin pengeluaran kamu disana gimana caranya bisa habis sekitar 10 jutaan? Biar kita bisa ngira2 gitu masalah budgeting yang bakal dikeluarin.

    Sama mau tanya dong, kamu disana bener-bener travelling sendiri atau ada temen disana?

    sorry ya banyak nanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, kurang lebih begini kak rincian saya.,


      Turkey Trip 8-17 October

      Total Narik disana 1.600 TL = 4,000.000
      (Makan, hostel kapadokya & Ankara, transport, HTM)
      Jakarta-Istanbul PP by Oman Air = 4,700,000
      Istanbul-Kayseri by Turkish Airline = 330,000
      Antique Hostel @2N = 400,000
      Roaming Telkomsel = 230.000
      e-VISA= 371,000
      KA Bandara Manggarai-CGK = 40,000
      Damri Bandara = 45,000
      KA Pekalongan-PSE = 250,000

      + Transit seharian keliling OMAN
      VISA on Arrival = 240,000 (Pake SISAAN Lira) ✅
      Narik 10 OMR di bandara = 368,000

      Total = 10,366,000
      = 368,000

      UANG NYISA di dompet
      50 TL + US$ 13 + 2,9 OMR
      122.000+180.000+100,000
      =Rp. 402.000

      TOTAL ALL IN SPENT = 10,366,000+368,000-402,000
      = Rp. 10.332.000

      Delete
    2. Mas Rifan, itu hotelnya kok cuma 2 malam?

      Delete
    3. mas Adi, iya itu yang 2 malam itu pas saya di Istanbulnya saja. karena terpisah bayar pake debit.

      Saya di Istanbul 3 malam: 2 malam pakai Debit, 1 malam pakai Cash.
      Sisanya Cappadocia 2 malam, Ankara 1 malam itu juga pakai Cash.

      *yang diambil dari budget narik 1600 TL (4 jutaaan) itu, saya bulatin*

      matur suwun.

      Delete
  7. Baca artikel ini jadi pengin, tapi bdw buat pemula gimana disana bingung banget dong kak,,walaupun di sana banyak kenalan tapi pemula nakutin gak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. worrying get you anywehere Kak.. Kuncinya. Banyakan riset, riset, dan riset,,:)

      Delete
    2. Cara tau klo ada promo gimana mas?

      Delete
  8. First traveling ke luar nwegerii recomend banget yoo om
    Masuk tenan iki rek

    ReplyDelete
  9. dari dulu tertarik sama turki, tp belom kepikiran buat kesana, soanya masih ikut uang orang tua dan baru masuk kuliah. walaupun sekarang masih sama, kuliah dan uang orang tua, tapi tiba2 saya ingin. lumayan buat semangat nabung sama buat usaha kecil2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa diberi kesempatan ya mbak Sekar. Insha allah ada jalan kalau ada mimpi kuat. Semoga sukses ya usahanya!

      Delete
  10. Hi Mas Rifan, aku plan InshaAllah k turki setelah pandemi ini. Untuk perempuan backpacker sendiri aman kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga inshaAllah setelah pandemi ini, saya juga perempuan,, klw kesana, tolong ksh tau ya, soalnya sy takut klw sndirian

      Delete
    2. Untuk solo traveling perempuan insha allah aman, mbak. Kalau misal ingin dapat kenalan, cari saja di group Backpacker Internasional di fb mbak, ada beberapa rekan Indonesia yang menetap dan bekerja disana dan biasanya bersedia jadi tour guide gratis.

      Delete
    3. AKU JUGA MAU NICH, YUKK IKUTAN DONK BARENG YUKK... :)

      Delete
    4. Aku juga mau kesana bareng juga donk 😄

      Delete
    5. Caranya gimana mas kalau Mau cari tour guide nya turki? Aku Mau dong mas, rencana awal Juli 2021 mas, mksih

      Delete
    6. deasy : Aku balik ke Turki tgl 14 Juli 2021. Kalo kebetulan masih di Turki pertengahan Juli itu, bisa meet up yuk:)

      Delete
  11. Mas Rifan, makasih banyaaak tulisannyaaa! Saya dapet tiket gratis PP dari Qatar dan rencananya Turki jadi tujuan saya. Karena nyari yang "bebas" visa dan cukup sama budget saya yg ngga ada persiapan sebelumnya 😆 Saya follow di IG ya. Barangkali ada pertanyaan lanjutan yg perlu saya ajukan 😁

    Oh iya, ini selama di sana belum masuk musim dingin kah? Trus mas Rifan bawa backpack aja atau ada bawa koper? Kalau bawa koper, bawanya yg brp inch?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Shinta! Thanks for stopping by!

      Wahh asiknya yang dapat free ticket.

      Saya kesana pas musim autumn, mbak. Saya cuman backpack saja dan tas kecil. :D

      Delete
  12. Hi, bisa share whole itinerary?

    ReplyDelete
  13. Hai kak~ masih awam banget nih aku sama yang namanya traveling dan cenderung "parno" mau traveling sampe ke beda benua. Tips and triknya apa ya kak biar bisa berani dan enjoy gitu, jujur aku takut banget kikuk dengan keterbatasan bahasaa :( tapi sungguh ku ingin jalan-jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai!
      Untuk pertanyaan kamu, saya sudah pernah berbagi tentang tips solo traveling untuk pemula. Baca disini ya : https://www.rifanjusuf.com/2019/12/8-tips-solo-traveling-untuk-pemula.html

      Thanks for stopping by!

      Delete
  14. Kok tiketnya bisa murah bangettt ya Ampun 😢

    ReplyDelete
  15. Tulisan yang sangat informatif, mas! baru nyadar ternyata Goreme itu lumayan jauh juga ya dari Istanbul. Kirain dekat bisa 1-2 jam lewat jalan darat gitu.

    Untuk hostel kemaren nyoba yang sharing berapa orang satu kamar mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mas Ikhwan. makasih sudah berkunjung. Iya mas. Kalau ada waktu panjang sih bisa pakai darat, sayang saya bentaran waktu itu jadi pakai udara. hehe.

      kemarin yang di goreme sekitar 8 orang,mas. kalau yang di sultanahmet 4 orang..

      Delete
  16. share tips and trick cari tiket promo murah gitu dong mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. tips berburu tiket promo bisa dibaca disini ya https://www.rifanjusuf.com/2020/06/cara-dapat-tiket-pesawat-murah.html

      thank u

      Delete
  17. Share dong kiat-kiat bisa dapat tiket semurah itu..

    ReplyDelete
  18. Hai kak..
    Mau tanya..
    Bayar visanya apa harus banget pake CC?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, iya dek. harus pake kartu kredit kalau mau bikin e-visa

      Delete
  19. Kak kalo blh tahu edit fotonya pake app apa ya? Mksi

    ReplyDelete
  20. menarik bgt blog nya.. kebetulan lg search pgn ke turki..cm msh nabung.. pgn trip sendiri dan saya perempuan..
    kira kira yg sering ksh promo murah pke platform apa yaa mas.. 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri dapat dr tr&veloka mbak. Semoga lancar dan dimudahkan rencananya ya. Terima kasih

      Delete
  21. Nice share kak
    Turki emg dirindukan
    Pngen balik ke sana nih
    Smg bisa backpackeran insya allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Tyas. Amiin. Semoga dilancarkan kak

      Delete
  22. Turki itu negara impian saya dari kelas satu smp bang. Dan setelah baca tulisan anda saya jadi lebih semangat lagi buat nabung. Thanks ya bang tulisan anda benar-benar menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat!

      Delete
  23. Hallo kak. Kalo boleh tau untuk internet pake kartu apa itu kak kesana. Cuma satu itu yg saya bingung kalo kesana �� bisa beli dmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Untuk urusan internet saya pakai roaming Telk&&^el kak. Soalnya kalau beli disana kalau lebih dari seminggu harus pakai paspor setahu saya.
      Terima kasih.

      Delete
  24. Hai. Aku suka catatan perjalanannya. Hoping so much to get there. I really interested.

    ReplyDelete
  25. Turki memang murah2 sih. Aku trakhir kesana 2010, tp bisa dibilang cuma liburan iseng. Krn waktu itu msh stay di Bulgaria, jd Ama suami pesen tiket bus ke Istanbul, sampe pagi2 buta jam 4, trus cari hostel hanya utk mandi, kmudian jalan kliling Istanbul sampe malam. Jam 10 malam balik LG k Sofia Bulgaria :D.

    Walopun bisa jelajah semua objek wisata utama di Istanbul, tp aku msh nyesel krn ga ke kota2 lain di turki. Makanya Turki msh msk dlm bucket listku lagi :D.

    Trutama banyak peninggalan sejarah Islam di sana. Itu yg mau aku liat :)

    ReplyDelete
  26. Pertanyaann Ku adalah, gimana Cara menajawab pertanyaan Dari pihak imigrasi biyar Di percaya Kalo Kita mau liburan.heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! wah, iya. Ini penting juga nih. Nah, kalau terkait itu, lebih baik selalu persiapkan:
      - bookingan tiket PP, print out hotel
      - sedia cash mbok misal ada random chek
      - harus punya gambaran itinerary
      - Jawab dengan tenang, jangan gugup, bilang saja kalau kita memang mau liburan
      - pasang muka sopan

      Insha allah aman dan lancar..
      semoga membantu ya!

      Delete
  27. Mau ke Turki tahun depan nih,cari referensi di google nemu blog abang ini. Btw, Pamukale itu gak jauh dari ephesus kah?. Hmm,kalo cewek sendirian kesana aman aja gak?

    ReplyDelete
  28. itu tiket PP 4,7 beneran??? how can?

    ReplyDelete
  29. hi mba Ririn....salam kenal yah, sy juga tahun depan ada rencana mau keturki backpakeran sendiri juga, klo boleh bisa share kapan berangkatnya, spa tau qta bisa samaan.
    klo berminat pergi samaan boleh di WA ke nomer ini ya mba 081246819984...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba,saya rencana berangkat akhir bulan Februari. Mba bulan berapa ya?

      Delete
    2. Kalo aku waktu des 2020 ke Turki. Dan in Sya ALLAH 4 maret ke Turki lagi backpackeran

      Delete
    3. @sheerylina:
      Rencana kapan mba? Aku rencana awal Juli mba, and baru pertama Kali juga ini mba.

      @melalak cantik :
      Gimana Perjalanannya kak? Bagi2 info ya kak

      @unknown :
      bagi2 info utk backpacker an nya ya kak.

      Makasih semua

      Delete
  30. Lumayan juga ya perjalanannya sampe 12 jam. Aku penasaran pengen ke Hagia Sophia.

    ReplyDelete
  31. Rencana saya mau berangkatke istanbul dari jakarta dengan one way ticket.nginap diturkey 2 minggu kemudian travel ke Doha one way ticket yang tiketnya sudah saya beli dari istanbul.apa ngga masalah nanti di airport jakarta dan istanbul karena saya belum beli tiket pulang ke indonesia?

    ReplyDelete
  32. ..subhanallah..pingin ajak ibu q ke sana,...gimana dapat tiket pp promo
    share dunks om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiket Qatar dan Etihad untuk Feb. Maret dan ada jg bulan lain hanya 5 jutaan 😁

      Delete
    2. Tiketku 5jt PP kak, promo

      Delete
  33. Mas kalau mau dapat tiket murah ke turki, promo biasanya diadakan bulan berapa ya?

    ReplyDelete
  34. Mas mau Anya dong, mungkin ini pertanyaan aneh. Tapi pengen tau, lodging sehemat itu apakah ada fasilitas laundry?

    ReplyDelete
  35. Mas, kalo bahasa jadi kedala ga kalo solo trip? Gabisa bahasa inggris :D

    ReplyDelete
  36. 25 maret 2021 Insha Allah ke Turky backpack sendiri,, siapa tau ada yg mau prg kesana jg , bisa barengan add ig yaa @travelovers.id..mksh

    ReplyDelete
  37. Ya Allah, lagi cari-cari biaya ke Turki buat kado ultah Mamaku, alhamdulillah dapat blog ini, makasih banyak Kak Rifan, jazakallahu khayr

    ReplyDelete
  38. Terimakasih banyak untuk tulisan ini dan semua bentuk jawabannya. Bermanfaat bangettt,,, yang rencana travel 2022 InshaaAllah, mana nhiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. HI Mas/Mba sy ada rencana keturki winter tahun ini, tepatnya 29dec - 8 jan'23, boleh bareng klo memang ada rencana,kebetulan bulan maret kemarin dapet tiket promo By SQ Rp. 3,8 jta..., rencana backpackeran juga, spa tau bisa sharing cost...tq
      klo berminat boleh hubungi di nomer 081246819984/Wa, terima kasih

      Delete
  39. rencana pengen ke turki bareng suami dan anak2
    mereka gak mau pake tour travel pengen backpackeran
    baca ini jadi semangat banget utk jalan ke sana
    makasih utk info yg sangat bermanfaat nya mas :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti share ya Mba Saya Juga punya rencana Bawa anak nih

      Delete
  40. tiket murah emang kunci sih, dan buat yang jalan sendiri memanglah paling enak tu ke perhostelan, selain murah ya bisa dapet temen juga buat joinan jalan lol.

    ReplyDelete
  41. Saya kurang mahir dalam berbahasa inggris kak,,apa ada solusinyaa kak?

    ReplyDelete
  42. Sayang saya baru baca. Salam kenal semua. Ada yg mau berangkat bareng gak khusus mbak2, ibu2 ke Turki. Niatnya di awal 2022. Kalau ada bolehlah kita buat grup kecil utk backpakeran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pergi kah kalau belum boleh join ke Turki stlh lebaran

      Delete
  43. Hai kak aku dah beli tiket utk tgl 1-9 des, tp blm booking lodging, share sarannya mas, hrs gmn?

    ReplyDelete
  44. Ya Alllah pingin banget ke luar negri yang muslim frendly, enak cari makan dan ngga susah cari tempat ibadah. Semoga bisa ke Turki dan belajar dengan sejarah islam nya di sana

    ReplyDelete
  45. Senang nya bisa baca bloc ini, saya emak 2 mau ajak anak backpekeran ke Turky tapi blm ada bayangan. bisa bantu saran urutan perjalanannya? Saya berangkat tgl 7 feb kembali tgl 15 feb. Daerah yg ingin dikunjungi istambul , ankara, capadokia, bursa, pamukale urutannya kemana dulu ya agar efektif . Trimakasih

    ReplyDelete
  46. Saya beli tiket murah po 6 jt sejak 6 bln lalu , tiket promo informasi teman

    ReplyDelete

Silakan beri pendapatmu tentang tulisan ini, dan bagikan pengalamanmu di komentar ya! Terima Kasih